Wednesday, August 21, 2019
Depan > Pemerintahan > Polres Gelar Silaturahim Komponen Masyarakat Pasca Pungut Suara Pemilu 2019

Polres Gelar Silaturahim Komponen Masyarakat Pasca Pungut Suara Pemilu 2019

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dalam rangka menciptakan Kabupaten Probolinggo yang aman, damai dan sejuk, Polres Probolinggo menggelar silaturahim komponen masyarakat Kabupaten Probolinggo pasca pemungutan suara Pemilu Tahun 2019, Jum’at (26/4/2019) siang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Cung Ali Samsuri, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathur Qorib, pimpinan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan se-Kabupaten Probolinggo serta Tim Kemenangan Daerah Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 dan Nomor Urut 02.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan Pemilu serentak untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019 berbeda dari sebelumnya karena digelar bersamaan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg). Ini yang pertama, sehingga wajar banyak kesalahan dan kekurangan sebagai manusia biasa.

“Dengan silaturahmi ini, tentunya pikiran sehat dan damai serta hati kita sejuk. Kita kumpul disini untuk mendukung jalannya Pemilu apapun hasilnya. Siapapun nantinya yang terpilih kita wajib mendukung,” katanya.

Kapolres meminta kepada seluruh masyarakat agar sabar menunggu dan tidak ada hasutan yang sifatnya mengganggu dan mengacaukan situasi. Karena siapapun yang mengacaukan situasi, pihak polisi tidak segan menindak tegas.

“Namun kami yakin tidak ada masalah kamtibmas mulai pergeseran ke TPS ke PPK berjalan lancar dan damai tidak ada kendala apapun. Siapa lagi kalau bukan kita yang menyejukkan dan enak, hidup enak menjadi sehat itu harapan kita bersama,” tegasnya.

Dengan selesainya tahapan Pemilu Pilpres tegas Kapolres, tidak ada lagi kubu 01 dan 02. Semuanya harus bersatu padu untuk membangun Indonesia. Tidak ada lagi perbedaan dan diharapkan sampai penghitungan selesai bahkan pasca penghitungan tetap damai.

“Kita tunggu hasil KPU hingga pusat. Kita mendoakan rekan kita yang mendahului kita di PPK dan PPS. Ini pelaksanaan yang luar biasa yang patut kita syukuri dan banggakan. Pemilu serentak aman dan damai. Dengan silaturahim ini kondisi hrus dijaga semakin baik, sehingga tercipta aman dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Probolinggo yang telah berinisiatif menyelenggarakan acara silaturahmi masyarakat Kabupaten Probolinggo pasca pelaksanaan Pemilu tahun 2019, sehingga harapan semua suasana aman, damai dan tertib senantiasa tetap terjaga saat ini sampai dengan selesainya perhitungan suara di KPU Kabupaten Probolinggo.

“Kami atas nama Ibu Bupati Probolinggo menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) dan aparat keamanan (TNI dan Polri) yang telah berkomitmen dan mampu melaksanakan tugas sesuai peran masing-masing sehingga sampai saat ini progres penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Probolinggo berjalan lancar, aman dan damai,” ungkapnya.

Sekda Soeparwiyono juga menyampaikan terima kasih kepada segenap tokoh agama dan tokoh masyarakat yang berperan turut menciptakan suasana aman dan damai di Kabupaten Probolinggo. Serta segenap masyarakat Kabupaten Probolinggo yang telah mampu menunjukkan tingkat partisipasi politik dalam Pemilu tahun 2019 menunjukkan angka cukup tinggi yaitu 83,90% (data Desk Pemilu tahun 2019).

“Proses perhitungan suara di TPS hingga PPK sudah dituntaskan, yang secara umum berjalan aman dan lancar serta saat ini logistik Pemilu tahun 2019 telah dikirim kembali ke KPU Kabupaten Probolinggo untuk segera diagendakan perhitungan suara di tingkat KPU Kabupaten Probolinggo yang Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 29 hingga 30 April 2019,” jelasnya.

Lebih lanjut Sekda Soeparwiyono berharap aparat keamanan agar tetap siaga dan waspada untuk menjaga segala kemungkinan terjadi sehingga dipastikan kondisi aman pada saat penghitungan suara di KPU Kabupaten Probolinggo dan pasca penghitungannya tetap aman, tertib dan terkendali.

“Semoga penghitungan suara di KPU nanti berjalan dengan aman, lancar dan tertib, sehingga kondisi ini membuktikan bahwa Kabupaten Probolinggo tidak termasuk zona
Merah sebagaimana saat penyelenggaraan Pilkada beberapa waktu yang lalu,” tegasnya.

Sekda Soeparwiyono mengajak kepada semua pihak, khususnya kepada para pemuka agama, tokoh masyarakat dan pendukung pasangan calon nomor urut 01 dan nomor urut 02 untuk berperan serta menciptakan situasi politik yang aman, damai dan tentram di Kabupaten Probolinggo sampai dengan selesainya penghitungan suara di KPU.

Sedangkan Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Cung Ali Samsuri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Probolinggo yang telah banyak membantu tugas KPU Kabupaten Probolinggo, terutama berkaitan dengan fasilitas di daerah pelosok desa dimana kami tidak mampu menjangkau itu. Kepedulian Ibu Bupati sangat luar biasa. Serta kepada Polres Probolinggo yang sudah banyak membantu dalam hal keamanan.

“Kalaupun ada keberatan silahkan lakukan lewat jalur resmi yang diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. KPU sudah sepakat bagaimana pelaksanan Pemilu di Kabupaten Probolinggo bisa sukses dalam arti seluas-luasnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathur Qorib yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga tugas pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan lancar. Dengan demikian pelaksanaan Pemilu tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, lancar, sukses dan damai. (wan)