Sunday, October 25, 2020
Depan > Kesehatan > Pokja Jurnalis Kraksaan Salurkan Bantuan APD Berupa Pelindung Wajah

Pokja Jurnalis Kraksaan Salurkan Bantuan APD Berupa Pelindung Wajah

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Masyarakat Kabupaten Probolinggo semakin peduli terhadap pandemi Corona Virus Disease (COVID-19). Tidak hanya sadar akan keselamatan diri sendiri dengan menjalankan protokol kesehatan, sejak seminggu terakhir aksi sosial berupa donasi dan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) semakin marak dilakukan masyarakat.

Salah satu aksi tersebut dilakukan oleh para wartawan yang tergabung dalam Pokja Jurnalis Kraksaan dengan menyalurkan bantuan APD berupa face shield’ atau pelindung wajah untuk para tenaga medis di RSUD Waluyo Jati Kota Kraksaan, Selasa (7/4/2020) siang.

Sundari Adi Wardhana, Ketua Divisi Humas Pokja Jurnalis Kraksaan mengungkapkan, meskipun jumlahnya tidak seberapa, namun pihaknya berharap APD ini bermanfaat bagi dokter dan para petugas medis lainnya. “Selanjutnya kami akan terus menggalang lagi bantuan serupa dari warga yang peduli terhadap pencegahan COVID-19, untuk kemudian kami salurkan,” katanya.

“Satu dos pelindung wajah ini merupakan hasil kreatifitas para relawan sebagai wujud kepedulian kami atas perjuangan para tenaga medis melawan virus korona. Sebagai benteng sekaligus garda terdepan mereka harus selalu terlindungi dengan baik,” tandas Nisun, sapaan karib jurnalis media online ini.

Bantuan APD tersebut diterima langsung oleh Sekretaris RSUD Waluyo Jati Kraksaan, dr. M. Asjroel Sjakrie didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Yulius Christian. APD ini kata Asjroel bentuk dan fungsinya tidak jauh beda dengan aslinya yakni untuk melindungi keseluruhan wajah dari droplet yang berasal dari pasien. Kalau untuk ruangan isolasi, APD harus lebih rapat lagi, dengan tambahan kain dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dr Asjroel mengapresiasi bantuan APD berupa face shield tersebut, meskipun hasil karya tangan warga namun sudah cukup untuk melindungi dirinya dan para petugas medis lainnya yang merawat pasien COVID-19.

“Tentunya kami berterima kasih kepada warga yang secara sukarela menyalurkan bantuan APD ke kami. Dan tidak bosan-bosannya kami berpesan kepada masyarakat untuk lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, lebih sering membersihkan mulut dengan gosok gigi serta selalu gunakan masker untuk melindungi diri,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal