Thursday, November 26, 2020
Depan > Pendidikan > PKBM Insan Cendekia Gelar Rakor Persiapan PAT Paket A Pasma

PKBM Insan Cendekia Gelar Rakor Persiapan PAT Paket A Pasma

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cendekia Kecamatan Besuk, Sabtu (6/4/2019) menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Paket A Pasma.

Penilaian PAT Paket A Pasma diikuti sebanyak 80 warga belajar yang berada di lokasi 8 (delapan) titik KBM. Mata pelajaran yang diujikan meliputi PKn, Pendidikam Agama Islam, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes dan Bahasa Madura.

Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo berharap pelaksanaan PAT Paket A pada 10 hingga 13 April 2019 mendatang berjalan lancar, kondusif dan sukses. Untuk waktu menyesuaikan kesepakatan warga belajar bisa pagi, siang, sore dan malam.

“Saya mengapresiasi kesungguhan, ketulusan dan keikhlasan para tutor Pasma dalam mendampingi belajar para alumni gerakan bersama penurunan buta aksara tahun 2016 lalu. Selama kurang lebih 3 tahun dengan usia warga belajar yang sudah tidak lagi muda,” katanya.

Menurut Massajo, beberapa cerita menarik, kreasi dan inovasi yang dilakukan oleh para tutor agar warga belajarnya aktif hadir dan belajar mulai dari kunjungan rumah dengan membawa buah tangan, diberi doorprize bagi warga belajar yang rajin dan cepat menguasai materi belajar dengan menjawab pertanyaan dan benar, dibelikan seragam, dibelikan kacamata dan lain sebagainya.

“Bahkan tutor mengaku rela dan ikhlas bila honor tutor yang diterima dari PKBM dibelanjakan untuk membeli hadiah untuk menyemangati warga belajarnya. Beginilah suasana dan dinamika PNF secara nyata di lapangan. Tanpa modal empati, peduli dan keikhlasan, tentunya tidak akan mampu memberikan yang terbaik bagi PNF,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal