Thursday, August 6, 2020
Depan > Kesehatan > Perticab I Semarak Peringatan HKN ke-55 Resmi Berakhir

Perticab I Semarak Peringatan HKN ke-55 Resmi Berakhir

Reporter : Syamsul Akbar
GENDING – Perkemahan Bakti Saka Bakti Husada Cabang (Perticab) I Probolinggo dalam rangka menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 di obyek wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending resmi berakhir, Sabtu (16/11/2019) malam.

Perticab I dengan tema “Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Wujudkan Generasi Sehat Indonesia Unggul” yang digelar oleh Saka Bakti Husada (SBH) Cabang Probolinggo secara resmi ditutup oleh Andalan Daerah Urusan Saka Kwatir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Endang Sulistyowati.

Penutupan ini dihadiri oleh Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Didik S. Wahjudi, Pimpinan SBH Cabang Probolinggo Kak Sri Rusminah, Ketua Kwarran Gerakan Pramuka dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo selaku Kamabisaka Ranting.

Perticab I ini diikuti oleh 686 orang terdiri dari peserta 520 orang (putra 237 orang dan putri 283 orang), pendamping 88 orang (putra 45 orang dan putri 43 orang) serta peninjau sebanyak 78 orang.

Penutupan ini ditandai dengan pelepasan kartu peserta dan penyematan Tiska Perticab I secara simbolis oleh Andalan Daerah Urusan Saka Kwatir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Endang Sulistyowati. Serta pencabutan kapak pusaka oleh Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kabupaten Probolinggo Sulastri.

Dalam sambutannya Andalan Daerah Urusan Saka Kwatir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Endang Sulistyowati mengungkapkan ternyata ilmu yang didapatkan selama mengikuti kegiatan Perticab I SBH adalah untuk mengamalkan Satya dan Darma Pramuka.

“Kegiatan ini juga untuk memenuhi syarat kecakapan umum penegak dan pandega yang isinya mampu melakukan penyuluhan tentang penyebab dan cara pencegahan penyakit degeneratif dan penyakit yang disebabkan perilaku tidak sehat serta dapat melaksanakan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) dan untuk memenuhi syarat kecakapan khusus di krida-krida SBH,” ungkapnya.

Menurut Kak Sulis, kegiatan perkemahan bakti Saka Bakti Husada Kabupaten Probolinggo dilaksanakan pada bulan Nopember adalah sangat tepat, karena sebentar lagi musim hujan, akan ada peningkatan kasus DBD. Dengan kegiatan ini para pramuka penegak dan pandega melaksanakan bakti PSN yang merupakan salah satu cara untuk menurunkan kasus DBD.

“Saya atas nama Kwarda Jawa Timur memberikan apresiasi untuk SBH Kabupaten Probolinggo yang luar biasa. Dalam waktu yang tidak lama, sudah mampu membentuk 27 pangkalan saka dan membuat kegiatan perkemahan bakti yang pertama,” pungkasnya.

Dalam penutupan ini diserahkan beragam hadiah kepada para pemenang. Untuk lomba design poster, juara 1 diraih Pangkalan Besuk, juara 2 diraih Pangkalan Krucil dan juara 3 diraih Pangkalan Tongas. Untuk lomba PPGD Awam, juara 1 diraih Pangkalan Sumberasih, juara 2 diraih Pangkalan Krucil dan juara 3 diraih Pangkalan Kotaanyar. Serta lomba K3 Plus Kelengkapan Tenda (Putri), juara 1 diraih Pangkalan Tiris, juara 2 diraih Pangkalan Sukapura dan juara 3 diraih Pangkalan Condong.

Selanjutnya untuk lomba Penyuluhan, juara 1 diraih Pangkalan Tongas, juara 2 diraih Pangkalan Lumbang dan juara 3 diraih Pangkalan Paiton. Lomba Senam Peregangan, juara 1 diraih Pangkalan Lumbang, juara 2 diraih Pangkalan Gending dan juara 3 diraih Pangkalan Sumber. Untuk lomba Vlog Penyuluhan, juara 1 diraih Pangkalan Tongas, juara 2 diraih Pangkalan Krucil dan juara 3 diraih Pangkalan Sukapura. Serta Lomba Pentas Seni CTPS, juara 1 diraih Pangkalan Sumber, juara 2 diraih Pangkalan Sukapura dan juara 3 diraih Pangkalan Kraksaan.

Disamping itu dalam penutupan Perticab I ini juga diserahkan penghargaan kepada juara tergiat dari Pangkalan Krucil, juara umum dari Pangkalan Tongas serta juara favorit dari Pangkalan Dringu. (wan)

cww trust seal