Thursday, June 27, 2019
Depan > Kesehatan > Pertemuan FKPKU Bahas Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN

Pertemuan FKPKU Bahas Optimalisasi Penyelenggaraan Program JKN

Reporter : Mujiono

PROBOLINGGO – Untuk mengatasi permasalahan dan perumusan rencana kerja yang strategis, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan melaksanakan pertemuan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama (FKPKU) tahun 2019 dengan Bupati Probolinggo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Selasa (2/4/2019) pagi di Peringgitan Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Debbie Nianta Musigiasari yang diterima oleh Sekda Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono bersama sejumlah Kepala OPD (organisasi Perangkat Daerah) terkait di lingkungan Pemkab Probolinggo. Pertemuan ini dimaksudkan agar terwujud partisipasi Pemerintah Daerah dalam mendukung sosialisasi dan fasilitasi pendaftaran peserta Program JKN-KIS demi tercapainya Universal Health Coverage.

Pertemuan tersebut membahas tentang BPJS Kesehatan yang nantinya dilakukan secara optimalisasi terhadap penyelenggaraan Program JKN dengan cara meningkatkan komunikasi dengan unsur-unsur terkait dalam target perluasan kepesertaan program JKN-BPJS Kesehatan demi tercapainya cakupan semesta tahun 2019.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Debbie Nianta Musigiasari menyampaikan ada pemahaman dalam mendukung 3 (tiga) aspek penting yakni perluasan cakupan kepesertaan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan penegakan regulasi.

“Hal ini dilakukan terkait dengan Surat Edaran Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Nomor 04 Tahun 2019 Tentang Forum Komunikasi para Pemangku Kepentingan Utama Tingkat Provinsi dan Tingkat Kab/Kota. Serta Keputusan Deputi Direksi Wilayah Jawa Timur Nomor 91 Tahun 2018 Tentang Keanggotaan Forum Komunikasi para Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Probolinggo 2018,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan yang sudah menjalin kerjasama yang baik dalam hal kesejahteraan sosial Program JKN-KIS demi tercapainya Universal Health Coverage.

“Nantinya akan ada tindak lanjut oleh Pemkab Probolinggo karena masih harus dilakukan sosialisasi dan verifikasi akurasi data. Semoga pertemuan ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kualitas kesejahteraan sosial BPJS Kesehatan serta mengatasi permasalahan dan perumusan rencana kerja yang strategis ke depannya,” tuturnya. (y0n)