Tuesday, August 11, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Permudah Pelayanan Perijinan, DPMPTSP Galakkan Program Pelita Hati

Permudah Pelayanan Perijinan, DPMPTSP Galakkan Program Pelita Hati

Reporter : Syamsul Akbar
MARON – Dalam rangka mempermudah perijinan kepada masyarakat yang memiliki usaha mikro, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Probolinggo menggalakkan program Pelita Hati (Pelayanan Izin Di Tempat Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif) dengan memberikan pelayanan perijinan di tempat.

Dengan tagline “Ayo Urus Izin Sendiri, Urus Izin Itu Mudah” ini dilakukan pada 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo secara bergantian. Program Pelita Hati ini memberikan pelayanan berupa izin usaha mikro dengan modal usaha dibawah Rp 50 juta dan konsultasi/informasi perizinan.

Selasa (25/2/2020), pelayanan perijinan di tempat melalui program Pelita Hati ini dilakukan di Kantor Kecamatan Maron. Pelayanan inipun disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat yang memiliki pelaku usaha mikro yang ada di wilayah Kecamatan Maron.

Kepala DPMPTSP Kabupaten Probolinggo Kristiana Ruliani melalui Kasi Penetapan dan Penerbitan Izin Huliyatul Haq mengungkapkan program pelayanan perijinan di tempat melalui program Pelita Hati ini merupakan program dari DPMPTSP Kabupaten Probolinggo untuk memberikan kemudahan bagi pelaku usaha mikro dalam memperoleh ijinnya.

“Untuk mendapatkan pelayanan melalui program Pelita Hati, pelaku usaha mikro cukup menyerahkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), email atau nomor handphone dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) apabila ada,” katanya.

Menurut Huliyatul Haq, program Pelita Hati ini merupakan pelayanan perijinan jemput bola keliling di 24 kecamatan se-Kabupaten Probolinggo. “Hal ini dilakukan agar pelaku usaha mikro dan kecil memperoleh ijin dengan mudah dan memiliki legalitas kegiatan usaha yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha,” jelasnya.

Huliyatul Haq menerangkan sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektroni atau Online Single Submission (OSS), semua pelayanan perijinan sudah dilakukan secara online.

“Sekarang sudah OSS, tetapi karena tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) masyarakat masih belum semua memahaminya, maka kami jemput bola untuk membantu masyarakat yang ingin mendapatkan ijin atas usahanya. Harapannya dengan program Pelita Hati ini mampu memberikan kemudahan kepada pelaku usaha mikro untuk memperoleh ijinnya,” harapnya. (wan)

cww trust seal