Tuesday, September 29, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Perlu Komitmen Tentang Kedisiplinan Protokol Kesehatan

Perlu Komitmen Tentang Kedisiplinan Protokol Kesehatan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto menyampaikan sampai sejauh ini ada sekitar ¼ dari seluruh terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) yang berasal dari tenaga kesehatan.

“Faktor utama yang menyebabkan mereka terinfeksi virus Corona banyak sekali. Pertama, penyebab utama pada saat mereka beraktifitas di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Kedua, sama dengan masyarakat yang lain perlu komitmen tentang kedisiplinan protokol kesehatan,” katanya.

Menurut Anang, selama ini protokol kesehatan kadang-kadang siapapun menjadi tidak tertib. Kalau semua menjadi disiplin mau tenaga kesehatan maupun masyarakat umum, Insya Allah tidak akan terjadi penularan-penularan.

“Kalau disuruh isolasi mandiri ya laksanakan isolasi mandri. Jika harus dikarantina, maka lakukan karantina sendiri. Kalau itu semua terjaga, maka mereka akan terjaga dengan baik,” jelasnya.

Anang menegaskan setidaknya untuk yang reaktif-reaktif hasil swabnya hari ini banyak yang sudah keluar. Ada sekitar 30 orang reaktif yang hasilnya keluar negatif dan merekapun dipulangkan.

“Alhamdulillah, untuk terkonfirmasi positif COVID-19 kita sudah cukup banyak yang sembuh. Angka kesembuhan Kabupaten Probolinggo sangat bagus sekali. Totalnya ada 13 orang yang sudah sembuh. Berarti sekitar 25 persen angka kesembuhan Kabupaten Probolinggo. Tentunya ini sangat bagus loh, lebih bagus dari pada angka kesembuhan nasional,” terangnya.

Terkait dengan rapid test massal yang dilakukan terhadap pedagang di Pasar Paiton, Anang menambahkan pihaknya menemukan beberapa reaktif yang cukup siginifikan. Selanjutnya akan dilakukan swab pada klaster pasar dari Pasar Semampir Kraksaan dan Pasar Paiton.

“Yang pasti, besok kita masih akan melakukan pemeriksaan lanjutan dan bergerak terhadap pedagang yang ada di Pasar Maron. Semoga semua hasil rapid test dan swabnya negatif,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal