Tuesday, October 22, 2019
Depan > Pendidikan > Peringati HUT Bhayangkara, Polres-PDBI Gelar Lomba Parade Drum Band

Peringati HUT Bhayangkara, Polres-PDBI Gelar Lomba Parade Drum Band

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-73 tahun 2019, Polres Probolinggo bekerja sama dengan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Drumb Band Indonesia (PDBI) Probolinggo menggelar lomba dan parade drum band memperebutkan Piala Kapolres Probolinggo, Senin (8/7/2019).

Lomba dan parade drumb band ini diikuti oleh 21 grup drum band perwakilan dari 21 polsek di wilayah hukum Polres Probolinggo. Para grup drum band ini mengikuti lomba dan kirab dengan start Balai Desa Rondokuning Kecamatan Kraksaan dan finish di halaman apel Mapolres Probolinggo.

Usai melakukan parade, semua peserta ketika memasuki garis finish terlebih dahulu melakukan atraksi di halaman Mapolres Probolinggo. Mereka menunjukkan aksi terbaiknya untuk selanjutnya dinilai oleh dewan juri dari beberapa kriteria penilaian.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Wakapolres Probolinggo yang juga Ketua Umum Pengkab PDBI Probolinggo Kompol Ali Rahmat, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo Dewi Korina serta para kabag, kasat dan kapolsek di wilayah hukum Polres Probolinggo.

Ketua Umum Pengkab PDBI Probolinggo Kompol Ali Rahmat mengatakan selain untuk memeriahkan peringatan HUT Bhayangkara ke-73, parade drum band ini juga dilombakan. Tetapi yang dilombakan adalah atraksinya. Dimana setiap grup drum band harus membawakan sebuah lagu saat melakukan atraksi.

“Kegiatan ini digelar karena kami menginginkan bahwa ke depan PDBI Probolinggo supaya bangkit kembali. Yang sudah berjalan kita lebih tingkatkan lagi untuk menyiapkan di tahun-tahun berikutnya. Semoga pada tahun 2021 kita bisa mengikuti Porprov (Pekan Olahraga Provinsi), karena tahun ini belum bisa berpartisipasi,” katanya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini terang Ali Rahmat, PDBI akan melihat sejauh mana kemampuan pesertanya, karena pada tanggal 26 hingga 29 Juli 2019 mendatang Polda Jawa Timur akan mengadakan lomba drumb band. “Salah satu peserta ini nantinya akan kami kirimkan dalam lomba drum band di Polda Jawa Timur. Tidak menutup kemungkinan pada even-even berikutnya bisa kita tampilkan,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini Ali Rahmat mengharapkan agar parade-parade drum band bisa terus dilakukan tidak hanya pada peringatan HUT Bhayangkara saja tetapi juga pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Semua ini dilakukan untuk membangkitkan kembali drum band di Kabupaten Probolinggo.

“Semoga dengan banyaknya tim drum band di Kabupaten Probolinggo ke depan tidak hanya tampil di Kabupaten Probolinggo saja tetapi juga bisa masuk ke kelompok nasional. Mudah-mudahan nantinya akan muncul-muncul drum band dengan alat-alat yang sangat luar biasa,” harapnya.

Sementara Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua grup drum band yang ada di Kabupaten Probolinggo. Menurutnya, grup drum band harus terus membuat inovasi dan kreasi gerakan agar penampilannya tidak menoton dan membosankan.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi awal yang baik dalam rangka untuk kebangkitan drum band di Kabupaten Probolinggo. Teruslah berlatih dan berkreasi untuk memberikan penampilan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Setelah dilakukan penilaian oleh dewan juri, untuk kategori SD/MI Non Bras, juara 1 diraih Drum Band Gema Perkasa SDN Pabean Kecamatan Dringu, juara 2 diraih Drum Band MI Asembakor Kecamatan Kraksaan dan juara 3 diraih Drum Band MI Zainul Anwar.

Sementara untuk kategori Umum Non Bras, juara 1 diraih Drum Band GRH Kecamatan Tiris, juara 2 diraih Drum Band Karisma Kecamatan Tiris dan juara 3 diraih Drum Band Elhawa Kecamatan Gending. Sedangkan kategori Umum Bras, juara 1 diraih Drum Band Bintang 9 Pajurangan Kecamatan Gending dan juara 2 diraih Drum Band Lahar Mania Kecamatan Tiris.

Sebagai juara umum diraih oleh Drum Band Bintang 9 Pajurangan Kecamatan Gending dan berhak mendapatkan Piala Bergilir Kapolres Probolinggo. Masing-masing pemenang mendapatkan tropy dan uang pembinaan. (wan)