Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Peringati HSN, PCNU Gelar Khitanan Massal Gratis

Peringati HSN, PCNU Gelar Khitanan Massal Gratis

Reporter : Syamsul Akbar
BANTARAN – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kabupaten Probolinggo menggelar bhakti sosial (baksos) khitanan massal gratis di MA Ummul Quro Desa Kropak Kecamatan Bantaran, Minggu (3/11/2019).

Kegiatan khitanan massal gratis ini diikuti oleh 125 orang anak dari Kecamatan Tongas, Sumberasih, Bantaran dan Kuripan. Pelaksanaan khitanan massal ini dipercayakan ke Klinik Siti Hajjar sebagai LKNU yang sejak beberapa tahun silam dibina oleh PCNU Kabupaten Probolinggo.

Khitanan massal ini dihadiri oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH Abdul Hadi Saifullah didampingi Sekretaris PCNU Kabupaten Probolinggo Choirul Ishaq, Forkopimka Bantaran, pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bantaran, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor dan Banser dari empat kecamatan (Kuripan, Bantaran, Tongas dan Sumberasih).

Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Probolinggo KH. Abdul Hadi Saifullah menyampaikan pelaksanaan khitanan massal gratis ini dilakukan sebagai bentuk perhatian pengurus NU untuk turut ambil bagian dalam kegiatan sosial.

“Khitan merupakan salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Khitan memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kepentingan syiar Islam. Sebab, khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani,” katanya.

Selain itu jelas Kiai Abdul Hadi, khitan juga dianggap sebagai salah satu media penyucian diri dan bukti ketundukan seseorang kepada ajaran agamanya. Dengan berkhitan, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya.

“Dari sudut pandang medis, seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran, khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri dan bau yang tidak sedap. Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Semoga anak yang dikhitan kelak menjadi anak-anak sholih berguna bagi agama, bangsa dan Negara,” harapnya. (wan)

cww trust seal