Tuesday, November 12, 2019
Depan > Pemerintahan > Peringati Hari Perempuan Internasional, Pemkab Probolinggo Hadirkan Ustadzah Oki

Peringati Hari Perempuan Internasional, Pemkab Probolinggo Hadirkan Ustadzah Oki

Reporter : Hendra Trisianto

KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Internasional Women’s Day (IWD) atau Hari Perempuan Internasional 2019, Pemerintah Kabupaten Probolinggo menghadirkan Daiyah kondang Oki Setiana Dewi sebagai narasumber dalam acara Talkshow dengan tema “Tantangan Perempuan di Era Milenial” Rabu (13/03/2019) di Gedung Islamic Centre kota Kraksaan.

Menghadirkan sosok publik figur setenar Oki Setiana Dewi ini rupanya bukan tanpa alasan. Meskipun telah menjadi seorang ibu rumah tangga, Oki juga sangat aktif dalam berbagai bidang. Antara lain, pendakwah, fashion dan juga pengusaha. Dengan segudang prestasi dan kemampuan multitask yang dimilikinya itu maka tidak heran jika seorang Oki telah banyak menginspirasi perempuan – perempuan Indonesia masa kini.

Hal ini pula yang kemudian diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo, segenap elemen masyarakat dari kalangan perempuan mengikuti talkshow tersebut. Diantaranya adalah Ketua tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo, Hj. Nunung Timbul Prihanjoko beserta seluruh jajaran pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo, Hj Sudjilawati Soeparwiyono beserta seluruh jajaran pengurus, para tokoh agama dan masyarakat perempuan, pengusaha perempuan, serta organisasi – organisasi perempuan lintas sektoral yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari dalam sambutannya menuturkan, saat ini secara gender 60% mayoritas penduduk di Kabupaten Probolinggo adalah kaum perempuan. Dan selama enam tahun terakhir Pemkab Probolinggo pun juga telah memberikan ruang bagi perempuan dalam peran serta dan tanggung jawab pada bidang pemerintahan.

“dari sektor ekonomi kreatif, Pemkab Probolinggo juga telah mendorong pengusaha perempuan agar lebih maju. Alhamdulillah kini para pengusaha Perempuan dan UKM/IKM telah mampu untuk lebih berdaya, berprestasi dan mampu mengharumkan nama Kabupaten Probolinggo melalui hasil karya dan produknya,” kata Bupati Tantri.

Oleh karenanya Bupati Tantri menghimbau kepada kaum perempuan agar semangat ini diikuti oleh Muhasabah diri. Meskipun memiliki peran penting di luar rumah, jangan sampai kemudian mengesampingkan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu yang memiliki tugas menghantarkan putra putrinya agar menjadi manusia yang berakhlak mulia, manfaat dan selamat dunia akhirat.

“Oleh karena itu kepada ustadjah Oki, kami meminta masukan dan sharing keilmuan nya. Dimana selain sukses sebagian daiyah dan pengusaha, beliau ini juga sukses sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya. Kami kegiatan hari ini membawa manfaat, dan setetes ilmu dari ustadjah Oki ini bisa memberikan inspirasi bagi kita semua,” tandasnya.

Dalam Talkshow tersebut ustazah Oki mengangkat sebuah kisah sejarah Rosulullah Muhammad SAW, dengan
mengisahkan akhlak seorang Istri yang sangat dicintai Rosulullah Muhammad SAW yang bernama Siti Khodijah. Menurut ia Sedikitnya 5 hal yang harus bisa dilakukan oleh seorang istri.

“Seorang istri itu harus pandai bersabar, menjaga diri dari perkataan yang buruk, menjaga aib suaminya, banyak berada dirumah agar terhindar fitnah dan hindarkan diri dari prasangka buruk terhadap suami, jangan malah mencari kesalahan suami dan menggunjingnya. Sibukkan diri dengan ibadah dan hal positif agar kita terhindar dari semua itu,” katanya.

Sedangkan untuk hal mendidik anak, Ustadah Oki menerangkan bahwa di dalam al-Quran, surat Lukman ayat 13-19 sudah membahas lengkap bimbingan tentang bagaimana kita selaku orang tua dalam mendidik anak-anak kita.

Selama kurang lebih satu setengah jam lamanya Talkshow tersebut berlangsung begitu mengalir, segar, dan interaktif. Talkshow itu kemudian di tutup dengan torehan tulisan ustadzah Oki yang isinya adalah pesan – kesan kepada kaum perempuan Kabupaten Probolinggo. Torehan tersebut adalah, “Seluruh wanita para hamba Allah kita punya berbagai peran, yaitu hamba Allah, seorang anak, istri, ibu dan anggota masyarakat, jalani peran itu dengan baik dan amanah,” tutupnya. (dra)