Saturday, September 26, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Peringati Hari Hemat Energi, SMPN 2 Kraksaan Gelar Lomba Poster dan Expo Pendidikan

Peringati Hari Hemat Energi, SMPN 2 Kraksaan Gelar Lomba Poster dan Expo Pendidikan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Dalam rangka memperingati Hari Hemat Energi tahun 2020, SMP Negeri 2 Kraksaan menggelar lomba poster dengan tema “Konservasi Energi” dan expo pendidikan, Jum’at (13/3/2020) pagi.

Peringatan Hari Hemat Energi dengan Lomba Poster dan Expo Pendidikan ini dibuka secara resmi dengan pelepasan balon ke udara oleh Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Yuli Agus didampingi Kepala SMPN 2 Kraksaan Miswagiyanto.

Lomba poster dan expo pendidikan ini dimeriahkan dengan penampilan Tari Kiprah Glipang yang dikolaborasikan dengan Anoman, Tari Reog Ponorogo serta penampilan band musik yang dibawakan oleh siswa dan siswi SMPN 2 Kraksaan. Panitia kegiatan ini berasal dari para PTT (Pegawai Tidak Tetap) dan GTT (Guru Tidak Tetap) SMPN 2 Kraksaan.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Yuli Agus menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada SMPN 2 Kraksaan. Sebab apa yang dilakukan ini sangat luar biasa dan jarang dilakukan oleh sekolah yang lain.

“Harapannya sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Probolinggo bisa meniru apa yang sudah dilakukan oleh SMPN 2 Kraksaan. Hal ini sangat penting untuk memberikan wadah bagi bakat dan kreatifitas peserta didik,” katanya.

Sementara Kepala SMPN 2 Kraksaan Miswagiyanto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memilih anak-anak yang mempunyai bakat desain poster, seni serta publikasi konfirmasi. Maksudnya untuk melakukan kampanye poster, menggugah pembelajaran seni budaya, TIK dari manual ke komputer.

“Bagaimana bisa mengkampanyekan konfirmasi serta berkaitan dengan bagaimana menumbuhkan kecintaan dan kepedulian pada lingkungan. Adapun kriteria penilaian diantaranya kesesuaian dengan tema, kepenarikan dan presentasi,” ungkapnya.

Menurut Miswagiyanto, awalnya lomba poster ini diikuti oleh semua siswa dan siswi SMPN 2 Kraksaan. Dimana berhasil terkumpul sebanyak 624 karya poster. Dari jumlah tersebut akhirnya diseleksi sehingga terjaring 20 poster terbaik.

“Akhirnya 20 poster terbaik inilah yang diminta untuk melakukan presentasi dan memamerkan hasil karyanya. Mereka dinilai oleh dewan juri yang berasal dari keluarga besar SMPN 2 Kraksaan meliputi Pembina sekolah Adiwiyata, guru seni dan guru Bahasa Indonesia,” jelasnya.

Miswagiyanto menerangkan lomba poster ini dilakukan untuk memberikan suasana refresh non KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) kepada peserra didik, khususnya kelas IX yang mau menghadapi ujian satuan pendidikan.

“Alhamdulillah, respon orang tua sangat luar biasa. Sebab dari kegiatan ini mereka mengaku bahwa anak-anaknya banyak mendapatkan informasi tentang sekolah SMA, SMK dan MA. Paling tidak bisa memotivasi para peserta didik yang mempunyai bakat,” terangnya.

Untuk expo pendidikan diikuti oleh lembaga pendidikan tingkat SMA sederajat. Yakni, SMKN 1 Dringu, SMKN 4 Probolinggo, SMK Mandiri, SMK Mambaul Ulum, SMK Dharma Siswa, SMK Hafshawaty Zainul Hasan Genggong, SMAN 1 Paiton, MA Nahdlatul Ulama, MAN 1 Probolinggo dan MAN 2 Probolinggo.

“Dalam expo pendidikan ini para lembaga SMA memamerkan hasil keterampilan dari siswa-siswi dengan tujuan banyak siswa yang berminat pada lembaga-lembaga tersebut,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal