Saturday, November 23, 2019
Depan > Informasi Layak Anak > Peringati HAN dengan Bermain Bersama Anak PAUD

Peringati HAN dengan Bermain Bersama Anak PAUD

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo mempunyai cara tersendiri dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019. Hal itu dilakukan dengan cara mendatangi lembaga KB Insan Cendekia Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk sekaligus bergembira bersama anak PAUD, Selasa (23/7/2019). Sederhana dan simpel, tapi sangat berkesan bagi anak-anak Baduta

Bagi Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, tanggal 23 Juli harus dipublikasi secara meluas agar semua tahu dan peduli Hari Anak Nasional yang mungkin saja belum tahu atau lupa hari istimewa anak-anak Indonesia. Tidak harus menunggu waktu lama, berbiaya tinggi, menyiapkan panggung dan acara gebyar dan jamborean PAUD. Cukup 1 jam Penilik Diktara secara khusus menyempatkan bermain bersama anak PAUD dan memberi penyuluhan pada para orang tuanya.

“Pentingnya orang tua mengenal dan memahami pola asuh dan pola bermain yang tepat sesuai usia putra putrinya agar pertumbuhan dan perkembanganya normal dan baik. Pahami bahwa seluruh waktu selama 24 jam bersama anak adalah bermain, riang gembira, penuh tawa, senyum, cerita dan lain sebagainya,” katanya,

Menurut Massajo, hal yang dapat dilakukan orang tua terhadap anaknya diantaranya memeluk, mengecup, mencium dan dekapan orang tua pada anak-anak merupakan stimulasi yang sangat jitu pada psikologis anak. Selain itu gerak, lagu, cerita, rangsangan motorik halus dan kasar harus senantiasa dirangsang dan difungsikan dengan baik.

“Ucapkan kata-kata dan kalimat yang indah sangat menyenangkan pada anak. Hindari sikap, wajah, suasana sedih, marah dan hal yang sangat menakutkan pada anak. Awasi dan pantau setiap saat, jangan lengah dan menganggap sepela hal-hal yang akan berdampak beresiko pada keselamatan anak. Selamat, semangat, sehat dan gembira anak PAUD di Hari Anak Nasional,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal