Saturday, May 25, 2019
Depan > Pemerintahan > Penilik Diktara Besuk Lakukan Supervisi Lembaga PAUD

Penilik Diktara Besuk Lakukan Supervisi Lembaga PAUD

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK –
Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo, Senin (21/1/2019) melakukan supervisi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mulai dari KB, TP dan SPS. Untuk kali ini, supervisi dilakukan terhadap KB As-Salam dan KB RA Kartini di Desa Alaskandang Kecamatan Besuk.

Dari kegiatan perdana ini Penilik Diktara ingin melihat profil lembaga PAUD, kegiatan belajar atau bermain di lembaga PAUD dan administrasi lembaga PAUD yang ada di Kecamatan Besuk.

Supervisi pada satuan PAUD yang dilaksanakan oleh Penilik Diktara Kecamatan Besuk Massajo ini merupakan tugas dalam kepenilikan yang menitik beratkan pada beberapa aspek diantaranya supervisi akademik, supervisi manajerial dan lain sebagainya.

“Secara berjenjang dapat dilakukan supervisi kepala PAUD kepada pendidik dalam program pembelajaran/bermain maupun kepada petugas administrasi dan operator. Begitupun penilik melaksanakan supervisi kepada kepala PAUD, pendidik dan tenaga administrasi,” katanya.

Harapan dari supervisi ini antara lain memberi dorongan semangat dan peningkatan kemampuan dalam pembelajaran serta melihat dan mengamati secara langsung pada proses pembelajaran, kemudian memberikan catatan dan saran.

“Selain itu mengukur, menilai dan menganalisis hasil pengamatan baik dari wawancara, pengisian instrumen dan mengarahkan,mengkonsultasikan, memberikan catatan terhadap hasil temuan hasil-hasil supervisi pada satuan PAUD,” tegasnya.

Lebih lanjut Massajo mengharapkan agar semuanya bisa saling belajar, saling berbagi ilmu dan pengalaman serta saling melengkapi agar bisa menjadi timwork yang solid berkemampuan untuk terus berbenah dan maju berprestasi.

“Kepada lembaga PAUD kami sangat berpesan, hindari persepsi yang keliru seolah-olah penilik melaksanakan supervisi untuk mencari kesalahan, kekurangan, bahkan ada kekhawatiran sehingga ditutup-tutupi. Justru penilik turun langsung ke lembaga untuk memberi support agar bisa saling terbuka dan merumuskan solusi-solusi yang terbaik,” pungkasnya.

Dari 2 (dua) lembaga PAUD yang dikunjungi, Penilik Diktara memberi waktu umpan balik dari supervisi dan pengisian instrumen yang diberikan. Seperti yang disampaikan Kepala PAUD As-Salam Desa Alaskandang Kecamatan Besuk Faiqotul Hikmah yang menyampaikan ucapan terima kasih karena lembaga PAUD-nya telah dikunjungi.

“Saran, masukan dan catatan-catatan kekurangan akan segera dicukupi. Dorongan dan bimbingan penilik selalu kami harapkan untuk memajukan lembaga kami,” katanya. (wan)