Friday, November 22, 2019
Depan > Pendidikan > Pengurus Mabiran, Mabisa dan Kwaran Gerakan Pramuka Pajarakan Dikukuhkan

Pengurus Mabiran, Mabisa dan Kwaran Gerakan Pramuka Pajarakan Dikukuhkan

Reporter : Mujiono
PAJARAKAN – Pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Majelis Pembimbing Desa (Mabisa) dan Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Pajarakan masa bakti 2019-2023 resmi dikukuhkan oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko di aula SDN Gejugan Kecamatan Pajarakan, Sabtu (21/9/2019).

Pengukuhan ini dihadiri oleh Camat Pajarakan Munaris beserta jajaran Forkopimka Pajarakan, para Kepala Desa (Kades) se-Kecamatan Pajarakan selaku Mabisa, pengurus Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pajarakan serta beberapa pangkalan sekolah di Kecamatan Pajarakan.

Prosesi pengukuhan ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Ketua Mabiran Kecamatan Pajarakan Kak Munaris, Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pajarakan Kak Dyah Amiyah Lindayani dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko. Dilanjutkan dengan pengucapan ikrar dan penyematan PIN kepada pengurus Mabiran, Mabisa dan Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pajarakan.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus Mabiran, Mabisa dan Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Pajarakan dengan harapan mampu mengemban amanah dengan sebaik-baiknya untuk memajukan kegiatan pramuka di Kecamatan Pajarakan.

“Kegiatan pramuka bukan hanya bernyanyi dan bermain saja, tetapi bagaimana menyiapkan generasi muda supaya memiliki kemandirian. Sebab jika anaknya bergabung dengan pramuka, orang tua akan memiliki ketenangan lahir dan batin,” katanya.

Menurut Kak Timbul, kegiatan yang dilakukan oleh pramuka adalah pembangunan yang abstrak. Sebuah upaya yang tidak terlihat tetapi hasilnya nyata di masa yang akan datang. “Gerakan pramuka diharapkan menjadi benteng bagi generasi muda tentang pemahanan terhadap NKRI dan memperkaya wawasan kebangsaan,” jelasnya.

Kak Timbul menambahkan bahwa mulai tahun 2019 ini pramuka mencoba terlibat langsung dalam menyelesaikan persoalan masyarakat melalui program Gerakan Pramuka Peduli. Bagaimana keberadaan pramuka bisa membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Dengan kegiatan Gerakan Pramuka Peduli ini, disamping bermanfaat bagi masyarakat juga implementasi dari dasa darma pramuka. Sehingga pramuka menjadi bagian untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat. Minimal keberadaan gerakan pramuka bisa membantu problem yang ada di masyarakat,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal