Friday, September 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Penambahan Kasus Konfirmasi COVID-19 Konsekuensi Banyaknya Tracing dan Test

Penambahan Kasus Konfirmasi COVID-19 Konsekuensi Banyaknya Tracing dan Test

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Kasus-kasus konfirmasi positif yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini memang sebagai konsekuensi banyaknya tracing dan test yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo.

“Dimana kami memberlakukan jika ditemukan 1 saja orang positif COVID-19 dalam suatu instansi, maka 1 instansi tersebut kami lakukan tracing mendalam dan test swab, sehingga logikanya semakin banyak yang ditest akan semakin banyak ditemukan kasus,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr Dewi Vironica.

Menurut Dewi, hal ini sejalan dengan 7 kegiatan pokok Satgas Penanganan COVID-19 yang ditetapkan saat rapat terakhir di Pendopo Kabupaten Probolinggo bersama Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, tim ahli dan beberapa bidang dalam Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo.

“Dimana salah satunya adalah peningkatan penyelidikan epidemiologi yang memuat kegiatan tracing and testing serta penganalisaan data COVID-19, sehingga harapan kami, dengan semakin cepat ditemukan kasusnya, maka akan semakin memperpendek rantai penularannya,” jelasnya.

Dewi menambahkan antisipasi yang dilakukan untuk mempercepat penanganan selain adanya tracing and testing tersebut, pihaknya juga melakukan sosialisasi secara massif tidak hanya tentang protokol kesehatan tetapi sosialisasi tersebut akan dikemas dengan cara yang bisa membuat masyarakat memahami dan ikut bersama-sama mencegah dan menjaga diri dan keluarganya dari penularan COVID-19.

“Termasuk juga mengikutsertakan peran masyarakat, yaitu dengan mengaktifkan kembali pembentukan Satgas COVID-19 kecamatan dan desa serta adanya evaluasi dan pelaporan berkala secara berkesinambungan,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal