Friday, September 20, 2019
Depan > Pendidikan > Pemkab Terima Ratusan Mahasiswa KKN Universitas Jember

Pemkab Terima Ratusan Mahasiswa KKN Universitas Jember

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menerima sebanyak 500 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember Periode II Tahun Akademik 2018/2019 di Gedung Islamic Centre (GIC) Kota Kraksaan, Rabu (10/7/2019) siang.

Pada hari itu juga mahasiswa KKN tersebut langsung diterjunkan pada lima lokasi sasaran KKN kali ini. Yakni, Kecamatan Krejengan, Krucil, Pakuniran, Gading dan Sumberasih yang masing-masing 100 orang mahasiswa pada setiap wilayah kecamatan. Dari 100 orang tersebut kemudian disebar pada desa-desa setempat yang telah ditentukan sebelumnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H Supriadi sekaligus untuk melepas secara resmi mahasiswa KKN Universitas Jember tersebut.

Dalam sambutan Supriadi menyampaikan bahwa Pemkab Probolinggo sangat mengapresiasi tema KKN tahun ini yaitu “Desa Wisata dan Wirausaha Sejahtera”. Tema tersebut sesuai dengan program Nawa Hati utamanya pada program Pesona Hati sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

“Target kami sampai tahun ketiga adalah tiga destinasi wisata baru, produk-produk unggulan desa, 250 BUMDes ekonomi kreatif dan menumbuhkan wirausahawan baru dalam lima tahun kedepan,” terang Supriadi.

Mengingat masih banyaknya permasalahan peningkatan perekonomian desa khususnya di desa terpencil, pihaknya berharap agar masyarakat desa mampu mengembangkan sumber daya alam lokal dan sumberdaya manusia yang ada.

“Oleh sebab itu kehadiran mahasiswa KKN Universitas Jember ini dapat membina dan mengembangkan potensi-potensi tersebut. Sekaligus juga mampu menjadi pendamping masyarakat dalam pemasaran produk unggulan masing-masing desa serta mampu mengatasi permasalahan yang ada di tengah masyarakat,” tandasnya. (dra)