Tuesday, October 27, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Terima Penyerahan Dokumen Arsip Statis

Pemkab Terima Penyerahan Dokumen Arsip Statis

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) menerima penyerahan dokumen arsip statis Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka akuisisi arsip, Senin hingga Jum’at (17-21/6/2019). Kegiatan ini merupakan program perluasan khasanah arsip atau akuisisi arsip.

Penerimaan penyerahan dokumen arsip statis ini dilakukan dengan cara menjemput bola ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo. Penyerahan ini dilakukan setelah pengelola arsip OPD tersebut dilatih dan didampingi mengenai cara pengelolaan arsip statis sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hingga saat ini sudah ada beberapa OPD, kecamatan dan puskesmas yang sudah menyerahkan dokumen arsip statisnya ke Dispersip Kabupaten Probolinggo. Yakni, DPPKB, BPBD, Kecamatan Banyuanyar, Maron, Dringu dan Paiton serta Puskesmas Maron, Dringu, Paiton dan Gending.

Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Kepala Bidang Arsip Chrisna Wahyuningsih mengungkapkan dalam satu tahun ini targetnya mampu menerima dokumen arsip statis dari 20 OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo. Tetapi yang sudah terealisasi baru 10 OPD.

“Arsip statis yang harus diserahkan meliputi LKPJ, Renstra, Renja, laporan pertanggungjawaban Camat dan Kepala Puskesmas serta lain sebagainya. Usianya minimal 5 (lima) tahun ke belakang,” katanya.

Menurut Chrisna, penyerahan dokumen arsip statis ini dilakukan sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Berdasarkan dengan aturan tersebut, Dispersip sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) bertugas untuk menerima arsip statis dari OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo.

“Penyerahan dokumen arsip statis ini dilakukan sebagai upaya penyelamatan arsip perangkat daerah, mewujudkan tercipta dan tersedianya arsip di seluruh perangkat daerah serta terwujudnya pengelolaan arsip yang baik (dari segi pengamanan dan pelestarian) melalui pemindahan dan atau penyerahan dari pencipta arsip ke lembaga kearsipan,” terangnya.

Chrisna mengharapkan program akuisisi arsip ini mampu menyelamatkan arsip statis. “Setidaknya arsip bisa terpelihara dengan baik dan bisa mendukung tertib arsip OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal