Tuesday, October 22, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Terima Kunjungan Tim Studi Universitas Queensland Australia

Pemkab Terima Kunjungan Tim Studi Universitas Queensland Australia

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN –
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Jumat (26/4/2019) menerima kunjungan Tim Studi Universitas Queensland Australia. Rombongan sebanyak 10 orang ini diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono di ruang pertemuan Argopuro Kantor Bupati Probolinggo.

Turut menerima dalam kesempatan tersebut Kepala Bappeda Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Rachmad Waluyo serta Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB dr. Shodiq Tjahjono. Serta perwakilan dari Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Kepala SLB Dharma Siswa serta Ketua Pertuni Kabupaten Probolinggo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono mengatakan program hibah PRIM menjadi perhatian utama Bupati Probolinggo. “Hampir setiap saat kami selalu ditanya perkembangannya, bagaimana koordinasinya, bagaimana kesiapan tim teknisnya, bagaimana pengadaan barang dan jasanya, bagaimana kesiapan masyarakat dan seterusnya,” katanya.

Di Kabupaten Probolinggo, pada prinsipnya terdapat 2 (dua) kelompok kegiatan dalam program hibah PRIM. Pertama, kegiatan fisik berupa pemeliharaan rutin dan rehabilitasi jalan pada ruas jalan Tongas-Lumbang-Sukapura- lautan pasir Bromo. Kedua, kegiatan non fisik sebagai kegiatan penunjang antara lain peningkatan peran Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan (FLLAJ), peningkatan kapasitas SDM OPD terkait, kontraktor/konsultan bidang jalan, pengadaan sarana dan prasarana penunjang dan lain-lain.

“Menurut catatan kami, kerjasama Indonesia dan Australia untuk infrastruktur (kiat) bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan iklusif melalui peningkatan akses yang lebih baik ke infrastruktur untuk seluruh masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Sekda Soeparwiyono selaku Ketua PIU Program Hibah PRIM Kabupaten Probolinggo menyambut baik dan mendukung rencana Tim Kiat GESI CSE (Gender Equality, Social Inclusion and Civil Society Engagement) bersama Tim Universitas Queensland yang sedang mendesain Study Scoping tentang pekerjaan yang mendukung bagi kelompok rentan di sektor konstruksi jalan, melalui pengumpulan data dan informasi dari pemangku kepentingan di Kabupaten Probolinggo.

Sementara Rachel Nolan, perwakilan Tim Studi Universitas Queensland Australia banyak memberikan paparan terkait maksud dan tujuan kehadirannya di Kabupaten Probolinggo. Serta menanyakan tentang peluang kerja untuk kaum wanita dan kaum disabilitas di pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemaparan oleh Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB serta Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo. (wan)