Monday, July 13, 2020
Depan > Pemerintahan > Pemkab Sosialisasikan PP 11/2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Pemkab Sosialisasikan PP 11/2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menyelenggarakan sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (16/04/2019) pagi.

Kegiatan ini diikuti oleh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan beserta operator dan kepala puskesmas se-Kabupaten Probolinggo. Sosialisasi serupa juga pernah dilakukan pada tahun sebelumnya untuk seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Supriadi didampingi Sekretaris BKD Kabupaten Probolinggo Wiwit Suryaningsih. Bertindak sebagai narasumber adalah person dari Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional II Jawa Timur.

Dalam pengarahannya Supriadi menuturkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah ibaratnya tulang punggung bagi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Oleh karena itu diperlukan tata kelola yang baik untuk melahirkan ASN yang profesional dan kompeten,” ujarnya.

Menurut Supriadi, melalui PP 11 tahun 2017 tersebut pemerintah menginginkan untuk membangun ASN melalui dua pilar utama yaitu profesionalisme dan sistem yang menitikberatkan pada kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang ASN sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing.

“Tujuan sosialisasi ini diantaranya untuk menghasilkan ASN yang profesional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas dari praktek KKN dan intervensi politik dalam rangka pelaksanaan tugas umum pemerintahan dan pelayanan publik,” jelas Supriadi.

Lebih lanjut Supriadi berharap kepada seluruh peserta sosialisasi untuk dapat mengikuti sebaik-baiknya dalam menyerap informasi yang disampaikan agar dijadikan panduan dalam menjalankan tugas sehari-hari dalam bekerja di bidangnya masing-masing. Dengan memahami aturan ini diharapkan dapat mencegah sejak dini pelanggaran yang dilakukan oleh ASN.

“Saya harap peserta sosialisasi paham akan Peraturan Pemerintah yang terdiri dari 15 bab dan 364 pasal ini serta kemudian mampu mengimplementasikan serta memperluas informasi dan aturan ini kepada yang lain di lingkungan kerja masing-masing,” tandasnya. (dra)

cww trust seal