Thursday, November 26, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Sosialisasikan Penataan PKL SGM Kraksaan

Pemkab Sosialisasikan Penataan PKL SGM Kraksaan

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memberikan sosialisasi penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Stadion Gelora Merdeka (SGM) Kota Kraksaan di Pesanggrahan Semampir Kecamatan Kraksaan, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang PKL yang ada di sekitar SGM Kota Kraksaan. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi terkait rencana penataan PKL dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo dan Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo.

Sosialisasi penataan PKL SGM Kota Kraksaan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo Deny Kartika Sari didampingi Kasi Pengembangan Usaha Perdagangan Yunita Nur Laili.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Probolinggo Deny Kartika Sari mengatakan penataan PKL di SGM Kota Kraksaan ini diperlukan untuk meningkatkan SDM menyesuaikan kondisi stadion yang saat ini sedang direnovasi dan perbaikan.

“Intinya, keberadaan PKL ini menyesuaikan dengan kondisi Stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Nantinya akan disiapkan bangunan yang dibutuhkan PKL sebagai kios-kiosnya. Rencananya, PKL ini akan menempati kios yang baru maksimal pada tahun 2023 mendatang,” ungkapnya.

Menurut Deny, sosialisasi penataan PKL ini dilakukan dengan tujuan agar ada persiapan dari para PKL sehingga ketika sudah dipindah benar-benar sudah siap. Disamping memberikan informasi awal terkait rencana pemindahan PKL SGM Kota Kraksaan.

“Memindahkan PKL dari lokasi yang lama bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh sebuah pendekatan dan memberikan pemahaman kepada para PKL tentang alasan dari pemindahan tersebut. Pasti ada pro dan kontra, salah satu alasan krusialnya adalah sepi dan lain sebagainya. Kalau sudah rejekinya, meskipun berjualan dimana pasti akan laku,” terangnya.

Deny menerangkan ke depan di SGM Kraksaan akan disediakan even-even dan menjadikannya sebagai sarana rekreasi keluarga yang akan menarik calon pembeli. Melalui kegiatan ini harapannya nanti mampu menciptakan penataan PKL yang tertib, teratur, rapi dan indah.

“Tujuan pokoknya dari penataan PKL ini adalah pengembangan perekonomian masyarakat yang tidak melupakan ketertiban, kerapian dan keindahan sekitar Stadion Gelora Merdeka Kraksaan,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Teguh Kawiandoko menyampaikan sebenarnya para PKL SGM Kraksaan bukan direlokasi tetapi hanya dimundurkan dari tempat semula. Para PKL ini nantinya akan menempati kios-kios yang akan dibuat di sekeliling tembok stadion dengan menggunakan rolling door.

“Jadi diatas kios ini nantinya akan dibuat tribun penonton. Terlebih nantinya di sebelah barat akan dibuat mess atlet sehingga kondisinya akan semakin ramai dan membutuhkan makanan dan minuman. Targetnya pada waktu tuan rumah Porprov Jatim 2023, PKL sudah menempati kios barunya,” katanya. (wan)

cww trust seal