Friday, November 22, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Sosialisasikan CSR Award 2019

Pemkab Sosialisasikan CSR Award 2019

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Tanggungjawab Sosial Perusahaan (FKTSP) Kabupaten Probolinggo dan Jawa Pos Radar Bromo akan menggelar CSR (Corporate Social Responsibility) Award Tahun 2019.

Sebagai tahap awal dari CSR Award 2019 tersebut, Rabu (21/8/2019) dilakukan sosialisasi di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo. Kegiatan ini diikuti sekitar 150 orang peserta dari CSR perusahaan dan perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko ini dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Probolinggo M. Heru Santoso, Koordinator CSR Jawa Timur dari Bappeda Provinsi Jawa Timur Edy Basuki Putranto dan General Manager Jawa Pos Radar Bromo HA Suyuti.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan hal-hal terkait dengan rencana kegiatan pemerintah memberikan penghargaan terhadap kepedulian sosial perusahaan yang sudah berbuat banyak terhadap lingkungan di Kabupaten Probolinggo.

“Artinya bagian dari kepedulian sosial biasanya sudah digunakan maksimal kepada masyarakat demi mendukung kesejahteraan masyarakat. Kami juga masih memerlukan banyak informasi mungkin tidak seluruhnya dari perusahaan ini yang memberikan informasi atau laporan kepada kami bahwa perusahaannya telah memanfaatkan secara maksimal CSR nya untuk masyarakat lingkungan,” katanya.

Menurut Sidik, CSR Award 2019 ini memang baru pertama kali digelar untuk memberikan sebuah apresiasi dan penghargaan kepada para pelaku usaha pemilik perusahaan. Tujuannya untuk memotivasi dunia usaha dan lembaga untuk melaksanakan secara berkesinambungan serta menjadikan dunia usaha sebagai mitra pembangunan pemerintah melalui program yang sejalan dengan visi misi serta tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Selain itu, mampu mengembangkan kerjasama kemitraan dengan unit-unit pelayanan yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo, memberikan kesempatan bagi dunia usaha untuk berinovasi dalam melaksanakan program CSR guna memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada masyarakat serta menciptakan lingkungan usaha yang kondusif bagi dunia usaha dengan dukungan dari masyarakat serta meminimalkan dampak negatif di lingkungan sekitar,” jelasnya.

Sementara Koordinator CSR Jawa Timur dari Bappeda Provinsi Jawa Timur Edy Basuki Putranto mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan CSR Award yang digelar Pemkab Probolinggo. Karena sejauh ini di Indonesia baru Lampung dan Medan yang telah melaksanakan CSR Award.

“Kami dari Bappeda Provinsi Jawa Timur sangat mendukung dan mengapresiasi CSR Award ini. Kami berharap dari CSR Award ini ada banyak masukan, sehingga ke depan kegiatan ini semakin lebih baik, katanya.

Sedangkan General Manager Jawa Pos Radar Bromo H.A Suyuti selaku pelaksana CSR Award 2019 menjelaskan dalam CSR Award ini ada 2 (dua) kategori yakni menurut jenis perusahaan dan bidang kegiatan CSR. Untuk menurut jenis perusahaan meliputi Multinasional (PMA), nasional (BUMN/BUMD), swasta dan usaha kecil dan menengah. Sementara untuk bidang kegiatan CSR ada 10 bidang meliputi bidang kemiskinan, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, ekonomi kreatif, air bersih dan sanitasi. Selanjutnya bidang seni, sosial dan budaya, pariwisata, infrastruktur dan bidang olahraga.

“Kriteria penilaian diantranya, tingkat kemanfaatan bagi masyarakat, tingkat keberlanjutan, tingkat keunikan atau inovatif, tingkat kemudahan direplikasi ke wilayah lain dan tingkat kesesuaian dengan prioritas pembangunan daerah,” terangnya.

Ketua FKTSP Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengajak para perwakilan perusahaan untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan CSR Award 2019 ini sekaligus bersama-sama memberikan sebagian keuntungan yang diperoleh perusahaan kembali ke masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa menggugah perusahaan untuk memberikan CSR nya untuk masyarakat di Kabupaten Probolinggo,” harapnya.

Setelah tahap sosialisasi, CSR Award 2019 ini akan dilanjutkan dengan pendaftaran peserta 22 hingga 31 Agustus 2019. Kemudian penilaian dokumen 1 hingga 5 September dan penentuan nominasi 6 September 2019. Selanjutnya dilakukan presentasi nominasi 12 hingga 14 September 2019 dan kunjungan lapang 16 hingga 18 September 2019.

Penentuan penghargaan dilakukan pada 18 September 2019 dan penganugerahan penghargaan CSR Award 2019 akan dilaksanakan pada 24 September 2019 bertepatan dengan peringatan Satu Tahun HATI Mengabdi Jilid II Untuk Masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan CSR Award 2019 ini bisa diikuti oleh seluruh CSR perusahaan di Kabupaten Probolinggo secara gratis. Pendaftarannya bisa dilakukan melalui Kantor Bappeda Kabupaten Probolinggo Jl Raya Panglima Sudirman Nomor 314 Kraksaan dengan email : CSR_Award2019@probolinggokab.go.id atau melalui formulir online : bit.ly/csraward2019. (wan)

cww trust seal