Saturday, December 7, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Raih Piala Wahana Tata Nugraha 2019

Pemkab Raih Piala Wahana Tata Nugraha 2019

Reporter : Syamsul Akbar
JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perhubungan (Dishub) meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2019 dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Penghargaan Piala WTN Dengan Catatan ini diterima atas komitmen dari Dishub Kabupaten Probolinggo dalam menata transportasi dan fasilitas publik di daerah perkotaan dengan baik.

Penghargaan WTN tahun 2019 ini diterima oleh Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto dari perwakilan Deputi Kementerian Koordinator Kemaritiman RI bersama 39 daerah lain di Indonesia dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional, Minggu (15/9/2019) pagi di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Kepala Dishub Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan penilaian atas penghargaan WTN tahun 2019 ini dilakukan sejak tahun 2018 hingga April 2019. Meliputi penilaian adminitrasi, survei lapangan hingga presentasi di Jakarta pada April 2019 yang dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko.

“Tahun ini ada 5 bidang yang menjadi penilaian dalam WTN itu. Diantaranya, bidang lalu lintas, angkutan, sarana transportasi darat, prasarana transportasi darat dan bidang umum. Bidang lalu lintas meliputi ruas jalan, perlengkapan jalan, fasilitas pejalan kaki dan penataan fasilitas parkir,” katanya

Menurut Heri, penghargaan WTN Dengan Catatan ini diterima karena di Kabupaten Probolinggo masih belum tersedianya angkutan kota secara maksimal. Menindaklanjuti catatan tersebut, sementara ini baru tersedia angkutan kota dengan trayek Pasar Semampir-BLK Kraksaan-RSUD Waluyo Jati Kraksaan-Pasar Semampir. Ke depan, ketersediaan angkutan kota ini akan lebih ditingkatkan dengan trayek melewati fasilitas umum, terutama pendidikan.

“Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan karena Pemkab Probolinggo telah mampu menyediakan fasilitas perhubungan. Dengan penghargaan ini, kami akan berupaya meningkatkan pelayanan. Dari segi masyarakat tentunya harus semakin membudayakan tertib berlalu lintas,” tegasnya.

Melalui penghargaan ini Heri menegaskan akan melakukan pembenahan peningkatan sarana prasarana perhubungan, terutama di wilayah Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo. Terutama penambahan keberadaan angkutan kota dan PJU (Penerangan Jalan Umum).

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas di jalan raya. Sekaligus sebagai pemicu semangat Pemerintah Daerah dalam meningkatkan pelayanan demi memberikan kenyamanan pengguna jalan,” harapnya. (wan)

cww trust seal