Friday, December 13, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Raih Piagam Penghargaan WTP

Pemkab Raih Piagam Penghargaan WTP

Reporter : Hendra Trisianto
SURABAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali mampu mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018. Dengan demikian, opini WTP tersebut mampu diraih sebanyak 6 (enam) kali berturut-turut,

Atas prestasi tersebut pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia menganugrahkan kepada Pemkab Probolinggo berupa Piagam Penghargaan WTP, Rabu (2/9/2019) pagi di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko berkesempatan untuk menerima secara langsung piagam penghargaan WTP tersebut bersama 35 Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Jawa Timur dari Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo didampingi Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa.

Turut mendampingi Wabup Timbul dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono dan Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono.

Dalam pengarahannya, Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo mengapresiasi 35 Pemerintah Kabupaten/Kota penerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Menurutnya, opini WTP merupakan bentuk dari kesesuaian LKPD yang telah dilaksanakan sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“WTP sebenarnya bukan tujuan, melainkan sebuah sarana yang dapat menggambarkan kondisi sebuah daerah yang telah menerapkan transparansi dan good governance. Karena informasi yang diolah dan disajikan dalam laporan yang menghasilkan predikat WTP bisa dijadikan alat atau instrumen pengambilan sebuah keputusan strategis,” kata Mardiasmo.

Atas raihan prestasi opini WTP tersebut, Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengapresiasi atas segenap upaya dan kerja keras para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan stakeholder dalam menghantarkan Pemerintah Kabupaten Probolinggo kembali mendapatkan opini WTP.

“Mari kita pertahankan prestasi luar biasa ini, karena opini WTP yang telah menjadi budaya ini menunjukkan bahwa selama ini penyelenggaraan dan pelaporan keuangan di lingkungan Pemkab Probolinggo dalam kondisi yang sehat, efisensi dan lebih terarah,” tandasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengatakan opini WTP merupakan salah satu wujud adanya sinergitas yang baik antar Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan DPRD Kabupaten Probolinggo.

“WTP berturut-turut ini menggambarkan kinerja legislatif dan ekskutif telah amanah dan profesional. Kedepan kami tetap mempertahankan sinergi yang telah terjalin dengan baik ini. Semoga menjadi penyemangat kita dan InsyaAllah Opini WTP berikutnya akan kita raih,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal