Friday, December 13, 2019
Depan > Berita Terkini > Pemkab Raih Penghargaan Bidang Pengairan

Pemkab Raih Penghargaan Bidang Pengairan

Reporter : Syamsul Akbar
SIDOARJO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berhasil meraih penghargaan bidang pengairan tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa dalam upacara peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-74 Tahun 2019 Provinsi Jawa Timur di Lapangan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah III, Sidoarjo, Selasa (3/12/2019).

Penghargaan bidang pengairan yang diraih oleh Pemkab Probolinggo tersebut diantaranya, juara 1 Lomba Penilaian Kinerja HIPPA dan GHIPPA Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 oleh Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Sumber Makmur Desa Sumberkledung Kecamatan Tegalsiwalan yang mewakili Bakorwil V Jember. Dan, juara 2 Lomba Petugas Operasi dan Pemeliharaan Teladan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019 oleh Juru Pengairan Pakuniran Nurul Huda.

Atas prestasi tersebut, HIPPA Sumber Makmur Desa Sumberkledung Kecamatan Tegalsiwalan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. Sementara Juru Pengairan Pakuniran Nurul Huda mendapatkan hadiah berupa 1 (satu) unit sepeda motor.

Turut mendampingi dalam penerimaan penghargaan bidang pengairan tersebut adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kabupaten Probolinggo Oemar Sjarief.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo mengaku sangat bangga dan bersyukur serta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diraihnya penghargaan bidang pengairan. Ini merupakan hasil pembinaan dari sinergitas antara DPUPR, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung system pengairan dan irigasi di Kabupaten Probolinggo. Untuk menjaga produktifitas pertanian dan kesejahteraan petani, jaringan irigasi adalah penting untuk dipelihara,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPR Kabupaten Probolinggo Oemar Sjarief menyampaikan Lomba Penilaian Kinerja HIPPA dan GHIPPA dan Lomba Petugas Operasi dan Pemeliharaan Teladan ini dilakukan untuk memotivasi dan lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, baik itu dalam pertanian maupun pengaturan air, sehingga produktivitas pertanian bisa lebih optimal.

“Tentunya kami sangat bangga dan bersyukur atas prestasi ini. Apalagi untuk HIPPA 2 (dua) tahun berturut-turut bisa menjadi juara 1. Sementara untuk juru pengairan ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mampu meraih juara 3,” ungkapnya.

Menurut Oemar, lebih banyak hal-hal yang perlu dibenahi terkait dengan koordinasi antara DPUPR dengan GHIPPA/HIPPA serta perbaikan jaringan irigasi. Disamping juga pembinaan yang perlu ditingkatkan lagi.

“Dengan penghargaan ini kami mengharapkan kepada penerima tidak hanya berhenti sampai disini saja, tetapi lebih meningkat lagi pelayanannya kepada masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab dari penghargaan. Bagi yang lain, untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang optimal,” harapnya. (wan)

cww trust seal