Friday, October 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Peringati Nuzulul Quran dan Lailatul Qiro’ah

Pemkab Peringati Nuzulul Quran dan Lailatul Qiro’ah

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bekerja sama dengan PCNU Kota Kraksaan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Probolinggo, PC Jam’iyyatul Qurro wal Huffadz (JQH) Kota Kraksaan dan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan memperingati Nuzulul Qur’an dan Lailatul Qiro’ah di halaman depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan, Jum’at (24/5/2019) malam.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan Nahdliyin di Kota Kraksaan dan sekitarnya ini mengambil tema “Wujudkan Generasi Muda Kabupaten Probolinggo yang Qur’ani dan Berakhlak Mulia”. Menariknya, kegiatan ini juga menghadirkan juara qori’ internasional Ustadz H. Darwin Hasibuan.

Peringatan Nuzulul Qur’an ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo. Hadir pula Ketua Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan KH. Sadullah Asyari dan segenap jajaran pengurus LPTQ Kabupaten Probolinggo dan PCNU Kota Kraksaan.

Kabag Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk mengenang kembali peristiwa bersejarah turunnya Al Qur’an baik langsung maupun bertahap ke Baginda Nabi Muhammad SAW yang mana didalamnya terdapat banyak hikmah dan fadilah.

“Mudah-mudahan kehadiran qori dan qoriah ini akan membawa hikmah tersendiri bagi qori dan qoriah Kabupaten Probolinggo untuk terus mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam Tilawatil Quran,” katanya.

Sementara Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan Al-Qur’an adalah sebuah pegangan hidup bagi umat manusia, juga merupakan petunjuk atau tuntunan hak bagi segenap umat manusia dalam menjalani kehidupannya di dunia agar dapat memperoleh kesejahteraan, kedamaian dan kebahagiaan di dunia dan akherat.

“Dengan selalu berpedoman kepada kitab suci Al-Qur’an, Insya Allah kita akan selalu bertaqwa kepada Allah dan selalu dipelihara oleh-Nya dari segala keburukan dan kejahatan dunia, didauhkan dari segala yang dilarang oleh agama serta selalu mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT,” ungkapnya.

Menurut Wabup Timbul, Al Qur’an adalah sebuah kitab suci yang paling lengkap di dunia, karena di dalam Al Qur’an dimuat konsep hidup manusia di segala bidang, di dalamnya juga termuat jawaban dari segala permasalahan yang dihadapi oleh manusia di dunia. Al Qur’an juga menjelaskan tentang persamaan derajat manusia dihadapan Allah SWT.

“Didalamnya juga diterangkan tentang hubungan-hubungan yang sangat penting dalam kehidupan ini, antara lain hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam lingkungannya dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Tidak ada satu kitab pun di dunia ini yang lebih lengkap dibandingkan kitab-kitab lainnya,” jelasnya.

Wabup Timbul mengharapkan dengan peringatan malam Nuzulul Qur’an ini betul-betul mampu menggugah kesadaran tentang arti pentingnya Al Qur’an dalam kehidupan ini dan semoga mampu mengambil inti petunjuk yang terkandung dalam Al Qur’an. “Semoga jerih payah dan amal baik semua yang sudah dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus LPTQ Kabupaten Probolinggo masa khidmat 2019-2024 dan penampilan qori’ dan qoriah calon kafilah Kabupaten Probolinggo di MTQ Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Tuban. Yakni, penampilan peserta tilawah anak-anak dan remaja duet, penampilan peserta 1 juz tilawah putri, MTQ 5 juz tilawah, penampilan qiro’ah tuna netra serta penampilan peserta syarhil Qur’an Pondok Pesantren Zainul Hasan (Zaha) Genggong. (wan)

cww trust seal