Saturday, November 23, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Peringati HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI

Pemkab Peringati HUT ke-74 Proklamasi Kemerdekaan RI

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (17/8/2019) pagi. Tema Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tahun 2019 ini adalah “SDM Unggul, Indonesia Maju”.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. Sementara komandan upacara dipercayakan kepada Kasat Polairud Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno. Sedangkan perwira upacara adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.

Upacara ini diikuti oleh karyawan dan karyawati (Korpri) Pemkab Probolinggo, TNI/Polri, Satpam, Linmas, Banser, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), perwakilan perusahaan, karang taruna, mahasiswa, pelajar serta Pramuka.

Hadir dalam upacara ini anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, jajaran Forkopimda, Pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo dan Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim serta jajaran Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo.

Tampak pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono dan Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Probolinggo. Serta, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo Hj. Sudjilawati Soeparwiyono dan para perwakilan organisasi wanita di Kabupaten Probolinggo.

Tepat pukul 10.00 WIB, bunyi sirine terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 74 tahun lalu. Selanjutnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Musayyib Nahrawi membacakan Teks Proklamasi.

Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Probolinggo dengan formasi 17, 8 dan 45 sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun diproklamasikannya Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera Merah Putih diserahkan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE kepada pembawa nampan bendera Nabilatun Nuriyah dari SMA Tunas Luhur Paiton untuk selanjutnya dikibarkan.

Bertindak sebagai Komanda Paskibraka Pasandi Kodim 0820 Probolinggo Letda M.A. Rollys. Sementara pengerek bendera M. Imron dari SMAN 1 Gending, penerima bendera Ardi Galang Belantara dari SMAN 1 Gending dan pembentang bendera Raffista Fadhil Fahreza dari SMA Taruna Dra Zulaicha Leces.

Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga dimeriahkan dengan penampilan sekaligus atraksi Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo. Upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI ini juga diisi dengan penampilan paduan suara dari SMAN 1 Kraksaan berupa Lagu Syukur dan Maju Tak Gentar.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyeraham remisi secara simbolis bagi Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kraksaan serta penghargaan kepada 3 (tiga) pleton terbaik diantaranya SMKN 1 Kraksaan, SMKN 2 Kraksaan dan PGRI Kecamatan Kraksaan. (wan)

cww trust seal