Sunday, December 8, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Peringati Hari Perhubungan Nasional dan Haornas ke-36

Pemkab Peringati Hari Perhubungan Nasional dan Haornas ke-36

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Selasa (17/9/2019) pagi menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional dan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 sekaligus apel bulanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo.

Apel yang dipimpin oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Ketua Umum KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko serta segenap pengurus cabang olahraga (cabor) di Kabupaten Probolinggo.

Peringatan Hari Perhubungan Nasional dan Haornas ke-36 ini diikuti oleh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo. Sebagai petugas semuanya berasal dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini diiringi oleh Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo serta penampilan pertama paduan suara Harmoni Hati yang berisikan ASN di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Dalam sambutannya Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE mengungkapkan bahwa tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019. Tema besar Haornas tahun 2019 ini adalah “Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

“Pembangunan olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani berarti kita telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental serta SDM Unggul Indonesia Maju,” katanya.

Menurut Bupati Tantri, semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di lembaga permasyarakatan. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup.

“Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan Gerakan Ayo Olahraga, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” jelasnya.

Terkait dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 September, Bupati Tantri menerangkan bahwa hal ini dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja kita dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tema Hari Perhubungan Nasional tahun 2019 yaitu “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan Untuk Indonesia Unggul Indonesia Maju,” merepresentasikan bagaimana seluruh elemen Kementerian Perhubungan dan seluruh stakeholder bersama-sama secara nyata membangun konektibilitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indonesia,” tegasnya.

Sektor perhubungan memiliki peran yang amat strategis dalam kehidupan bebangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

“Karena peranannya yang amat strategis, maka segenap sumber daya manusia perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi. Hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sarana prasarana olahraga dari KONI Kabupaten Probolinggo kepada Pengurus Kabupaten (Pengkab) cabor ISSI (Balap Sepeda), Pertina (Tinju), Ikasi (Anggar), MI (Muaythai) dan PLGI (Paralayang). Rinciannya, ISSI berupa 2 unit sepeda down hill dan road race seharga Rp 100 juta, PLGI berupa 2 unit parasut seharga sekitar Rp 100 juta, anggar berupa 1 set alas tanding (Looper) seharga Rp 50 juta, muathai berupa 1 unit ring tanding seharga Rp 50 juta dan tinju berupa perlengkapan latihan tinju seharga Rp 23 juta.

Diserahkan pula 235 helm berstandart SNI secara gratis dari Dishub Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan CSR (Coorporate Sosial Responsibility) perusahaan dan masyarakat yang peduli keselamatan dalam berkendara. Selain kepada para ASN, helm SNI ini juga diberikan kepada para pengguna jalan yang melintas di depan Kantor Bupati Probolinggo. (wan)

cww trust seal