Monday, July 13, 2020
Depan > Pemerintahan > Pemkab Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab Peringati Hari Kesaktian Pancasila

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar upacara bersama dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo, Selasa (1/10/2019) pagi. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 ini mengambil tema “Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”.

Sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan Komandan Upacara adalah Sekretaris Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo Achmad Aruman. Sedangkan semua petugas upacara berasal dari Diskan Kabupaten Probolinggo serta iringan Marching Band Gita Wibawa Praja Satpol PP Kabupaten Probolinggo.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 yang diikuti oleh karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo ini dihadiri oleh jajaran perwakilan Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, staf ahli Bupati, asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Probolinggo. Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan ikrar oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono.

Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dalam sambutannya mengatakan tanggal 1 Oktober dengan sejarah kelam yang melatarbelakanginya merupakan momentum untuk lebih mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran dan kesaktian Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa dan rakyat Indonesia.

“Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah yang oleh Bung Karno disebut “Jas Merah”. Oleh karena itulah kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila untuk menghormati jasa para pahlawan revolusi yang telah mengorbankan jiwa raganya dalam mempertahankan ideologi Pancasila, sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi Negara,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, kita berusaha merefleksikan momentum sejarah dimana para pahlawan revolusi mempertahankan nilai-nilai fundamental Pancasila sebagai dasar negara sehingga bangsa yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

“Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai tuntunan mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan serta memberikan harapan dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia. Kita Indonesia, kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri dan optimis dalam menatap masa depan bangsa yang maju, adil dan makmur,” jelasnya.

Tidak lupa Wabup Timbul mengucapkan Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019. “Mari jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga Kabupaten Probolinggo kedepan semakin dimampukan oleh Allah SWT menjadi kabupaten yang baldatun tayyibatun warrobun ghofur,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal