Friday, November 15, 2019
Depan > Pendidikan > Pemkab Lepas Kontingen O2SN ke Tingkat Jatim

Pemkab Lepas Kontingen O2SN ke Tingkat Jatim

Reporter : Mujiono
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo secara resmi melepas kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SD dan SMP Kabupaten Probolinggo, Rabu (17/7/2019) siang. Mereka yang terdiri dari para atlit, pelatih dan official ini akan mengikuti seleksi O2SN tingkat Provinsi Jawa Timur pada 18-20 Juli 2019 di Kota Surabaya.

Pelepasan ini dipimpin oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo, kepala sekolah dan para orang tua atlet.

Kontingen yang dilepas tersebut berjumlah 20 orang terdiri dari 10 siswa untuk jenjang SD dan 10 siswa untuk jenjang SMP. Dalam seleksi O2SN tingkat Provinsi Jawa Timur, cabang olahraga yang dipertandingkan terdiri dari atletik, karate, pencak silat, bulutangkis, renang dan senam. Untuk jenjang SD tidak mengikuti cabor karate dan SMP tidak mengikuti cabor senam.

“Siswa yang dikirimkan ke seleksi O2SN tingkat Provinsi Jawa Timur ini merupakan para juara 1 hasil seleksi O2SN tingkat Kabupaten Probolinggo yang digelar pada akhir April 2018 lalu,” kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dispendik Kabupaten Probolinggo Priyo Siswoyo.

Dengan adanya seleksi O2SN tingkat Provinsi Jawa Timur ini Priyo mengharapkan Kabupaten Probolinggo dan sekolah pada khususnya dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk ikut andil dan menggelorakan prestasi di bidang keolahragaan demi membangun dan membentuk karakter.

“Kami mengharapkan kesempatan-kesempatan seperti ini dapat dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya dengan melakukan seleksi terhadap siswa yang mempunyai potensi. Selain itu, mendorong adik-adik untuk tetap mengembangkan kemampuannya demi meningkatkan daya tahan tubuh, kesehatan dan mengembangkan prestasi melalui jalur olahraga,” tegasnya.

Sementara Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina meminta para atlet untuk menggelorakan semangat dalam bertanding. Semua atlet harus yakin pasti bisa. Yang penting sudah semangat dan hasilnya belakangan.

“Tetap semangat dan memanfaatkan kesempatan yang ada agar bisa memperoleh prestasi semaksimal mungkin demi mengharumkan nama baik Kabupaten Probolinggo di tingkat Provinsi Jawa Timur,” ungkapnya.

Menurut Dewi, keikutsertaan siswa dalam O2SN ini sangat bermanfaat untuk masa depannya dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya melalui seleksi prestasi non akademik.

“Jaga kesehatan dan stamina. Karena dalam seleksi ini nantinya akan bertemu dengan para juara lain dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Untuk juara 1 masing-masing cabor nantinya akan dikirim ke kejuaraan O2SN nasional,” jelasnya.

Dalam seleksi O2SN tingkat Provinsi Jawa Timur ini, para siswa tersebut akan bertanding di beberapa tempat yang berbeda. Untuk cabor atletik di Lapangan Gelora Pancasila Surabaya, cabor karate di Gedung Forki Jawa Timur, cabor pencak silat di Pendopo Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, cabor bulutangkis di GOR Sudirman Surabaya, cabor renang di kolam renang KONI Provinsi Jawa Timur dan cabor senam di GOR Nusantara Surabaya. (y0n)

cww trust seal