Tuesday, November 24, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Launching Posko Bersama Siaga Bencana

Pemkab Launching Posko Bersama Siaga Bencana

Reporter : Mujiono
DRINGU – Sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di musim penghujan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bekerja sama dengan Polres Probolinggo melaunching (rilis) Posko Bersama Siaga Bencana di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Selasa (7/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo serta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono. Sekaligus memeriksa kelengkapan sarana dan prasarana penanggulangan bencana di Kabupaten Probolinggo.

Launching Posko Bersama Siaga Bencana ini diikuti oleh Team Reaksi Cepat (TRC) dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait penanganan bencana di Kabupaten Probolinggo. Yakni, BPBD, Dinas Sosial beserta Tagana Kabupaten Probolinggo, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, DLH dan Brigade Penolong 1313 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo. Serta jajaran samping dari TNI dari Kodim 0820 Probolinggo dan Polri dari Polres Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko dan anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo menuju lokasi pengecekan sarana prasarana dengan mengendarai motor trail. Tidak hanya ketersediaan kebutuhan makanan saja yang dilakukan pengecekan, termasuk kendaraan alat berat yang harus diuji kelayakannya untuk menghadapi dan mengatasi terjadinya bencana.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan sebagai bukti kesiapan dalam penanganan bencana. Dengan menyatukan pasukan di posko penanggulangan bencana dapat memberikan target dalam hal kesiapan mengatasi permasalahan terjadinya musibah bencana dengan reaksi cepat.

“Yang perlu diketahui dan memerlukan pemantauan secara khusus di beberapa tempat titik rawan di Kabupaten Probolinggo diantaranya Kecamatan Krucil, Tiris, Pakuniran dan Sukapura. Nantinya tim relawan tanggap bencana di tiap-tiap desa akan memberikan informasi cepat terjadinya bencana. Kerjasama dengan masyarakat sekitarnya untuk memberikan informasi melalui layanan call center 112 apabila terjadi bencana di daerahnya,” katanya.

Sementara Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto menyatakan kekuatan personel Polres Probolinggo berjumlah kurang lebih 450 personel dan dibantu oleh tim terpadu dari Polsek bersama Forkopimka. “Jadi dengan kekuatan personel yang sudah disiapkan ini agar dapatnya dimaksimalkan dalam melakukan penanganan bencana sesuai dengan lokasi yang rawan bencana,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo. Menurutnya, dengan cuaca ekstrem musim penghujan ini banyak terjadi musibah. “Dengan kewaspadaan ini, personel dari TNI Kodim 0820 Probolinggo sangat siap mengatasi permasalahan bencana alam di Kabupaten Probolinggo, khususnya di beberapa wilayah yang rawan terjadi bencana alam,” ungkapnya. (y0n)

cww trust seal