Thursday, November 26, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Lakukan Pengawasan, Pendataan dan Pembinaan NKV

Pemkab Lakukan Pengawasan, Pendataan dan Pembinaan NKV

Reporter : Syamsul Akbar
SUMBERASIH – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) melakukan pengawasan, pendataan dan pembinaan NKV (Nomor Kontrol Veteriner) di PT Surya Jaya Abadi Perkasa di Desa Banjarsari Kecamatan Sumberasih, Kamis (23/5/2019).

Dasar hukum kegiatan ini Undang-undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Permentan (Peraturan Menteri Pertanian) Nomor 381 Tahun 2005 Tentang Pedoman Sertifikasi NKV dan Unit Usaha Pangan Asal Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk melakukan verifikasi chek list NKV pada PT Surya Jaya Abadi Perkasa dan memberikan masukan terkait penerbitan NKV.

“Selain itu, menyarankan PT Surya Jaya Abadi Perkasa untuk membuat surat permohonan pengajuan NKV ke Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Serta menyampaikan bahwa semua yang terkait dengan bahan pangan asal hewan, apalagi diedarkan dan diperjualbelikan sebaiknya disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Hasil verifikasi chek list NKV pada PT Surya Jaya Abadi Perkasa oleh Pengawas Kesmavet atau Kasi Kesmavet DPKH Kabupaten Probolinggo adalah PT Surya Jaya Abadi Perkasa layak mengajukan dan mendapatkan NKV dari Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur.

“Dari segi keberadaan dokter hewan, pengawas, sarana prasarana, administrasi maupun operasional, PT Surya Jaya Abadi Perkasa sudah sangat baik dan memenuhi standart NKV,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan PT Surya Jaya Abadi Perkasa diwakili oleh Imam dan Dandi saat menjawab pertanyaan Pengawas Kesmavet atau Kasi Kesmavet DPKH Kabupaten Probolinggo terkait check list NKV.

“Semoga pelaku usaha di Kabupaten Probolinggo yang khususnya yang bergerak pada pangan asal hewan bertambah lagi yang memperoleh NKV, sehingga pangan asal hewan yang beredar di masyarakat terjamin ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal),” harapnya. (wan)

cww trust seal