Tuesday, July 16, 2019
Depan > Kesehatan > Pemkab Gelar Validasi Data TBC dan HIV

Pemkab Gelar Validasi Data TBC dan HIV

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan validasi data TBC-HIV, Kamis (4/7/2019). Kegiatan ini diikuti oleh pengelola program TBC dan HIV dari 33 puskesmas dan 3 rumah sakit di Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan yang sumber dananya berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) tahun anggaran 2019 ini diselenggarakan dengan metode pemaparan materi tentang pemberantasan program TB-HIV di Kabupaten Probolinggo, pelaporan kolaborasi TB-HIV serta validasi data kolaborasi TBC-HIV dari SITT dan SIHA.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Liliek Ekowati mengungkapkan secara umum kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh data program TB HIV yang valid dan lengkap pada tahun 2019, pemutakhiran data evaluasi TB HIV 2018, data ketenagaan, OAT dan logistik lainnya.

“Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan petugas terhadap penemuan penderita TB-HIV serta meningkatkan sistem pelaporan puskesmas di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Menurut Liliek, jumlah kasus TB di Kabupaten Probolinggo pada tahun 2018 mencapai 1.697 kasus, dimana terdapat 603 kasus berhasil diobati sampai sembuh, 553 kasus pengobatan lengkap dan 11 kasus gagal pengobatan.

“Salah satu penyebab utama belum berkurangnya TB adalah belum memadainya tata laksana TB sesuai dengan standart baik dalam penemuan kasus/diagnosis, paduan obat, pemantauan pengobatan, pencatatan dan pelaporan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan data yang valid dan benar diperlukan validasi antara data TB yang ada di puskesmas dengan data yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)