Saturday, December 7, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Pengawasan dan Pendataan Bahan Pangan Asal Hewan

Pemkab Gelar Pengawasan dan Pendataan Bahan Pangan Asal Hewan

Reporter : Syamsul Akbar
DRINGU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) menggelar pengawasan dan pendataan bahan pangan asal hewan di Pasar Dringu, Rabu (26/6/2019).

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 hingga 09.30 WIB ini melibatkan Kasi Kesmavet DPKH Kabupaten Probolinggo drh. Nikolas Nuryulianto, Koordinator Wilayah Dringu drh. Izzah, para calon dokter hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya serta staf Pasar Dringu Suharto.

Dasar hukum kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 jo UU Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Peraturan Pemerintah Nomor 95 Tahun 2012 Tentang Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Kesejahteraan Hewan serta Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 381 Tahun 2005 Tentang Pedoman Sertifikasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dan Unit Usaha Pangan Asal Hewan.

Kepala DPKH Kabupaten Probolinggo Endang Sri Wahyuni melalui Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengawasi peredaran dan penjualan bahan pangan asal hewan di pasar tradisional serta melakukan pendataan pedagang yang menjual pangan asal hewan.

“Selain itu, mendata harga bahan pangan asal hewan di pasar tradisional. Sekaligus mengenalkan bahan pangan asal hewan di pasar tradisional pada calon dokter hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Seperti daging yang baik, produk olahan yang baik, kios daging yang baik serta mendata asal perolehan bahan pangan asal hewan di Pasar Dringu,” katanya.

Menurut Niko, pengawasan dan pendataan bahan pangan asal hewan di pasar tradisional juga menjadi ajang silaturahim DPKH Kabupaten Probolinggo dengan para pelaku usaha. Sekaligus menyampaikan pembinaan pengelolaan angan asal hewan yg baik dan benar dan juga program DPKH Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan pengawasan dan pendataan bahan pangan asal hewan ini akan dilakukan secara continue pada semua pasar tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal