Sunday, April 5, 2020
Depan > Pendidikan > Pemkab Gelar Orientasi Awal Diklat Dasar Guru PAUD

Pemkab Gelar Orientasi Awal Diklat Dasar Guru PAUD

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar rapat orientasi awal diklat (pendidikan dan pelatihan) dasar guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) melalui Dana Desa (DD) tahun 2020, Kamis (12/3/2020).

Diklat dasar guru PAUD melalui Dana Desa ini dilakukan sebagai implementasi dan realisasi mandatory Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan kesiapan awal Dispendik dengan mengundang para calon narasumber yg merupakan Pelatih Calon Pelatih (PCP) bersertifikat nasional sesuai standar diklat dasar guru PAUD.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang narasumber PCP, 4 (empat) orang dari tim pendanping tugas mandiri diklatsar (pendidikan dan pelatihan dasar) guru PAUD, Tenaga Ahli P3Md/Mistria Harmunis serta Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo.

Dalam paparan Tenaga Ahli P3Md Rara sebagai tim pendamping terus memantau, update data dan kesiapan desa merealisasikan mandatory Bupati Probolinggo terkait diklat dasar guru PAUD sebagai upaya pemenuhan hak dasar dalam pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa.

“Kami ingin memastikan bahwa Dana Desa tepat sasaran, guru PAUD sebanyak 2 (dua) orang per desa benar-benar guru PAUD aktif, terdaftar di Dapodik, tercatat dalam laporan bulan di Dinas Pendidikan dan selesai diklat bersertifikat yang bersangkutan siap aktif membangun desa sebagai penggerak pembangunan desa, pendampingan kelas pengasuhan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) dan lain sebagainya,” katanya.

Rara mengharapkan sebanyak 325 desa secara bertahap merealisasikan Dana Desa untuk diklat dasar guru PAUD minimal 2 (dua) orang per desa.

“Hingga saat ini hasil update data di kami sudah terdaftar 212 orang guru PAUD by name by address tersebar di 11 kecamatan. Diharapkan 13 kecamatan lainnya melalui tim pendamping desa dan kecamatan terus memonitor proses pencairan Dana Desa baik di triwulan 1, 2 dan seterusnya,” harapnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi melalui Kasi PTK PAUD, PNF Massajo menyampaikan sebelum diklat dasar guru PAUD terlaksana, beberapa langkah/tahapan persiapan yang harus dilaksanakan verifikasi dan validasi (verval) data calon narasumber PCP yang saat ini diundang dan chek kesediaannya.

“Serta, menyiapkan buku panduan, jadwal, modul, kepanitian di tingkat kecamatan berkoordinasi dengan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), TA (Tenaga Ahli) dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lainnya,” ujarnya.

Selain itu jelas Massajo, menyelenggarakan ortek (orientasi teknis) penyelenggara diklat di tingkat kecamatan dengan melibatkan unsur BPKAD, Kasi Kesra Kecamatan, para Ketua Himpaudi, IGTKI, PKG PAUD, Pengawas TK, Penilik dan lain sebagainya. Disamping skedull garis besar diklatsar 5 hari teori dan praktek (IN klas) serta tugas mandiri selama kurang lebih 3 bulan.

“Secara umum tahapan-tahapannya diantaranya pretest, diklat in door, dinamika kelas dan penilaian keaktifan dan disiplin peserta, post test, tugas mandiri, penyusunan karya tulis bast practice hingga penilaian dan penerbitan sertifikat,” tegasnya.

Massajo berharap pelaksanaan diklat dasar guru PAUD melalui Dana Desa berjalan lancar, sukses, berkah dan tentunya berkontribusi besar dalam peningkatan mutu, akses dan pemerataan pendidikan di Kabupaten Probolinggo

“Dengan diklat dasar guru PAUD melalui Dana Desa ini para peserta merupakan aset SDM desa menjadi penggerak pembangunan desa, guru penggerak pendidikan dan pengasuhan 1000 HPK,” harapnya. (wan)

cww trust seal