Friday, September 20, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Konsultansi Publik Pekerjaan Pemeliharaan Ruas Jalan Koridor KSPN

Pemkab Gelar Konsultansi Publik Pekerjaan Pemeliharaan Ruas Jalan Koridor KSPN

Reporter : Mujiono
LUMBANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menggelar konsultansi publik pekerjaan pemeliharaan rutin, berkala dan rehabilitasi ruas jalan koridor KSPN (PRIM), Selasa (18/6/219) di Pendopo Kecamatan Lumbang.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Camat Lumbang Junaedi didampingi anggota Forkopimka Lumbang. Untuk menyuksesnya jalannya Program Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIM), kegiatan tersebut juga mengundang kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Lumbang.

Kegiatan program konsultansi publik pekerjaan pemeliharaan rutin, berkala dan rehabilitasi ruas jalan koridor KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) ini sebelumnya dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tongas dan akan berlanjut di wilayah Kecamatan Sukapura.

Camat Lumbang Junaedi mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Akses jalan yang memadai akan menambah kenyamanan bagi pengguna jalan. “Selain kenyamanan, penerangan jalan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan keamanan serta keselamatan bagi pengguna jalan,” katanya.

Sementara Beni Suryo Admodjo selaku General Upper Intenden di Kontraktor PT. Gala Karya Surabaya menyampaikan, kegiatan ini merupakan penunjang pengembangan pariwisata BTS (Bromo Tengger Semeru) sebagai upaya aksesibilitas yang diwujudkan dalam bentuk pengembangan kapasitas dan kualitas layanan jalan dan transportasi yang mendukung kemudahan perjalanan wisatawan berkunjung ke tempat wisata.

“Program konsultansi publik pekerjaan pemeliharaan rutin, berkala dan rehabilitasi ruas jalan koridor KSPN (PRIM) juga dilaksanakan di beberapa daerah lain, diantaranya daerah Lumajang, Malang dan Pasuruan,” jelasnya.

Sedangkan Asrul Bustami, Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kabupaten Probolinggo menjelaskan, program PRIM 60 persen didanai oleh APBD dan 40 persen dana hibah dari Pemerintah Australia. Dimana program ini dilakukan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dalam hal infrastruktur untuk pengembangan pariwisata.

Beberapa wilayah yang dilaksanakan konsultansi publik pekerjaan pemeliharaan rutin, berkala dan rehabilitasi ruas jalan koridor KSPN meliputi Kecamatan Tongas, Lumbang dan Sukapura dengan program Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIM) Tahun 2019,” pungkasnya. (y0n)