Tuesday, November 12, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Bisnis Maching Peningkatan Pemasaran Produk UKM

Pemkab Gelar Bisnis Maching Peningkatan Pemasaran Produk UKM

Reporter : Syamsul Akbar
PROBOLINGGO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar bisnis maching peningkatan pemasaran produk UKM di J’Bing Café Probolinggo, Rabu (10/7/2019). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka sukses dan terlaksananya program pengembangan sistem pendukung usaha bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pada kegiatan peningkatan dan pengembangan UKM unggulan.

Bisnis maching ini diikuti oleh 30 orang peserta yang merupakan pelaku UKM di Kabupaten Probolinggo. Sebagai narasumber hadir Anisa selaku pemilik Anisa Mart yang membuka toko untuk memamerkan produk unggulan UKM Kabupaten Probolinggo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kasi Peningkatan Kerjasama Usaha dan Pemasaran Erna Dewi Ninuk Setiawati mengungkapkan Anisa Mart Probolinggo ini memang dikhususnya oleh pemiliknya untuk memasarkan produk UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Disini kami mempertemukan pemilik Anisa Mart dengan para pelaku UKM supaya nantinya mereka bisa mengisi produknya disana. Sebenarnya selama ini sudah banyak yang masuk kesitu, jumlahnya sekitar 22 produk UKM. Seperti kopi, keripik, batik dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Menurut Erna, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses pemasaran produk UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo. Setidaknya tempat Anisa Mart ini bisa menjadi kegiatan pusat oleh-oleh produk UKM khas di Kabupaten Probolinggo.

“Mumpung ini ada kesempatan, maka teman-teman pelaku UKM harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk pemasaran produknya. Meskipun selama ini sudah ada yang masuk ke toko-toko besar dan online. Kebetulan juga anak dari pemilik Anisa Mart ini sedang menempuh pendidikan di Jerman. Tidak jarang produk-produk yang ada dibawa ke Jerman,” jelasnya.

Oleh karena itu Erna meminta kepada para pelaku UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo untuk terus berproduksi sehingga begitu ada permintaan bisa langsung dilayani dengan baik.

“Dengan kegiatan ini kami mengharapkan Anisa Mart bisa menampung semua produk UKM yang ada di Kabupaten Probolinggo. Karena memang khusus produk UKM Kabupaten Probolinggo tidak dikenakan sewa alias gratis,” tegasnya.

Erna menambahkan melalui kerja sama dengan Anisa Mart Probolinggo tersebut paling tidak ke depan Kabupaten Probolinggo memiliki showroom UKM sebagai pusat oleh-oleh khas Kabupaten Probolinggo.

“Setidaknya bisa mewadahi semua produk UKM di Kabupaten Probolinggo. Jika ada tamu dari luar tidak perlu bingung lagi untuk membeli produk unggulan UKM Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (wan)