Friday, December 13, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Intern KSP/USP Koperasi

Pemkab Gelar Bimtek Sistem Pengendalian Intern KSP/USP Koperasi

Reporter : Syamsul Akbar
SUKAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan bimbingan teknis (bimtek) sistem pengendalian intern KSP/USP koperasi di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura, Rabu hingga Jum’at (24-26/7/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 64 orang peserta yang berasal dari gerakan koperasi di Kabupaten Probolinggo. Terdiri dari, Kopwan, KPRI, Kopkar, KSU, KSP, KUD, Koppontren, Koptan, Kopsek dan Kopwis. Selama kegiatan para peserta mendapatkan materi dari Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Provinsi Jawa Timur Wahyudiono (Blitar) dan Joko Rohani Sanjaya (Kota Probolinggo).

Kepala Bidang Usaha Koperasi dan Fasilitasi Permodalan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Arie Kartikasari mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pengetahuan kepada pengawas koperasi dalam rangka menjaga kekayaan koperasi. “Selain itu, untuk memberikan pengetahuan guna meningkatkan transparansi pengelolaan, ketelitian dan keandalan data akuntansi koperasi,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto mengungkapkan pengendalian intern merupakan kegiatan yang sangat penting dalam pencapaian tujuan usaha koperasi. Yakni, untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya dan kesejahteraan masyarakat.

“Sistem pengendalian intern merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai macam unsur dengan tujuan untuk melindungi harta benda, meneliti ketetapan dan seberapa jauh dapat dipercaya data akuntansi, mendorong efiensi operasi dan menunjang dipatuhinya peraturan yang ada,” katanya.

Sebagai lembaga keuangan jelas Anung, usaha simpan pinjam oleh koperasi melaksanakan fungsi intermediasi yang memiliki ciri, bentuk dan sistem tersendiri, wajib diatur, diawasi dan dinilai kinerjanya.

“Dalam menjalankan usaha simpan pinjam, koperasi wajib memiliki standart operasional manajemen, visi dan misi, kondisi kinerja usaha, keuangan dan manajemen koperasi yang tertuang dalam penilaian kesehatan koperasi simpan pinjam/unit simpan pinjam koperasi,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal