Tuesday, August 4, 2020
Depan > Informasi Layak Anak > Pemkab Gelar Bimtek Penyusunan Laporan BOSDA PAUD dan TUKIN

Pemkab Gelar Bimtek Penyusunan Laporan BOSDA PAUD dan TUKIN

Reporter : Syamsul Akbar
BESUK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan laporan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) PAUD dan Tunjangan Kinerja (TUKIN) tahun 2020 PAUD Formal dan Non Formal se-Kabupaten Probolinggo, Senin hingga Rabu (27-29/7/2020).

Selama 3 hari, kegiatan ini akan dilaksanakan terpusat di 6 (enam) kecamatan. Masing-masing kecamatan diikuti oleh 5 orang terdiri dari unsur Pengawas TK, Penilik PAUD, Ketua IGKTI, Ketua HIMPAUDI dan Kepala Sekolah.

Senin (27/7/2020), kegiatan dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Besuk yang dibuka oleh Camat Besuk Puja Kurniawan didampingi Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis dan Kecamatan Pajarakan yang dibuka oleh Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD, PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Massajo.

Pelaksanaan kegiatan yang digelar di tengah pandemi COVID-19 ini dilakukan dengan pembatasan peserta dan standar protokol kesehatan agar berjalan lancer, tertib dan hasilnya dapat ditularkan kepada yang lain di masing-masing lembaga PAUD yang ada.

Beberapa target dan point-point penting yang dipaparkan dalam kegiatan tersebut diantaranya pelaporan SPJ BOSDA PAUD dan TUKIN yang sudah direalisaaikan selama 6 bulan terhitung Januari-Juni 2020, penyelesaian NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah), BAST (Berita Acara Serah Terima), pelaporan SPJ secara online serta merekam dan evaluasi beberapa kendala yang mungkin terjadi untuk perbaikan yang akan datang.

Dalam paparannya Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Dispendik Kabupaten Probolinggo Sunalis menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para guru PAUD dan TK yang terus semangat bekerja melalui BDR (Belajar Dari Rumah), terus membimbing peserta didik melalui orang tua dan keluarga di rumah tanpa belajar tatap muka.

Sementara Camat Besuk Puja Kurniawan mengucapkan terima kasih karena Kecamatan Besuk dipercaya untuk memfasilitasi tempat kegiatan di Pendopo Kecamatan Besuk. “Kami sangat mendukung kegiatan bimtek dalam rangka suksesnya layanan PAUD dan peningkatan kompetensi para guru PAUD dan TK,” ujarnya.

“Apalagi sudah ada landasan hukumnya melalui Peraturan Bupati (Perbup) Probolinggo Nomor 46 Tahun 2019 Tentang Penyerahan Sebagian Kewenangan Bupati Probolinggo Kepada Camat (Nomor urut 1 Bidang Pendidikan) koordinasi dalam penyelenggaran layanan PAUD,” tambahnya.

Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para Camat yang telah bersedia dan memfasilitasi tempat kegiatan bimtek guru PAUD di pendopo kecamatan masing-masing, khususnya di 6 (enam) titik kegiatan sesuai jadwal dan pembagian kelompok kecamatan.

“Harapannya dengan bimtek ini, disamping sebagai media komunikasi, koordinasi dan sinergi, juga ingin memastikan proses penyaluran BOSDA PAUD tepat sasaran, tepat dalam kebermanfaatan dan tepat dalam laporan pertanggungjawabannya,” harapnya.

Selanjutnya bimtek serupa juga akan dilaksanakan di pendopo Kecamatan Maron dan Tegalsiwalan, Selasa (28/7/2020) dan Kecamatan Bantaran dan Sumberasih, Rabu (29/7/2020). (wan)

cww trust seal