Tuesday, October 15, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Gelar Apel Bersama ASN

Pemkab Gelar Apel Bersama ASN

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN
– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Kamis (17/1/2019) pagi menggelar apel bersama ASN (Aparatur Sipil Negara) di halaman depan Kantor Bupati Probolinggo di Kota Kraksaan. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H Soeparwiyono bertindak sebagai inspektur apel.

Apel bersama rutin setiap bulan ini diikuti oleh para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo. Petugas apel bersama ini semuanya berasal dari Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Soeparwiyono didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo Santiyono juga menyerahkan penghargaan bagi operator dan staf pengelolaan keuangan terbaik se-Kabupaten Probolinggo tahun 2018.

Sekda Soeparwiyono dalam sambutannya mengajak semua ASN untuk mengevaluasi diri, mengevaluasi capaian kinerja organisasi di tahun 2018 lalu dan membangun rancangan kinerja untuk beragam keberhasilan di tahun 2019 ini.

“Di awal Januari ini, kita memperingati sembilan tahun Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo. Momentum ini patut kita syukuri bersama, karena menjadi landasan utama pembangunan berbagai infrastruktur dan pembangunan bidang lainnya di Kota Kraksaan. Kantor Bupati Probolinggo yang kita jadikan tempat apel bersama sekarang ini adalah salah satu hasil pembangunan yang dilaksanakan setelah penetapan Kota Kraksaan sebagai ibukota Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Sekda Soeparwiyono, di bulan Januari ini pula, tepatnya beberapa hari yang lalu, Kota Kraksaan mendapatkan anugerah Adipura Kategori Kota Kecil. Sungguhpun sudah beberapa kali mendapatkannya, perihal ini patut disyukuri bersama karena sesungguhnya anugerah Adipura adalah penghargaan atas sinergitas, kerja keras dan kerja cerdas yang melibatkan banyak sekali pihak yang terkait.

“Untuk keperluan itu, sebagai ucapan terima kasih kepada masyarakat Kota Kraksaan, saya meminta seluruh Asisten dan OPD terkait agar menyiapkan informasi publik, woro-woro, pawai keliling atau apa saja yang mampu membuat masyarakat Kota Kraksaan tersenyum dan mensyukuri anugerah Adipura ini,” tegasnya.

Sekda Soeparwiyono juga menyampaikan terkait rencana membranding Kota Kraksaan sebagai kota industri kecil dengan sub tema perempuan Kraksaan kreatif yang akan menghadirkan Chef Rudi Choirudin.

“Terhadap rencana ini saya mengharapkan agar para asisten dan staf ahli memandu peluang ini agar brandingnya dapat diintegrasikan dengan pengembangan wisata kuliner dan ekonomi kreatif di Kota Kraksaan,” jelasnya.

Lebih lanjut Sekda Soeparwiyono menegaskan beberapa program dan kegiatan yang sudah dirancang bersama-sama sudah harus mulai dicicil dan dilaksanakan di tahun 2019. Secara filosofis, seluruh program dan kegiatan tersebut diarahkan untuk menjawab kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Saya mengharapkan dapat ditumbuhkembangkan energi positif yang mampu membangkitkan optimisme, sinergitas dan inovasi pada setiap diri aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Probolinggo. Membangun semangat optimisme ini penting kita sampaikan karena tugas dan pekerjaan kita ini semakin hari semakin padat. Belum lagi ditambah tuntutan dan harapan masyarakat yang semakin tinggi,” ungkapnya.

Selain tuntutan dan harapan masyarakat jelas Sekda Soeparwiyono, ASN juga harus mengikuti beragam regulasi yang ada. Terutama perihal elektronik Sasaran Kinerja Pegawai (e-SKP). Yang mana mau tidak mau dan suka tidak suka sudah harus mulai dilaksanakan.

“Saya yakinkan kepada kita semua bahwa e-SKP itu sesungguhnya adalah obat mujarab yang akan mengantarkan setiap ASN mampu merencanakan kegiatan, pandai melaksanakan kegiatan dan mahir pula dalam membuat laporan evaluasinya. Oleh karena itu, bersabarlah, berdoalah dan mulailah bekerja dengan baik dengan tulus dan lebih baik mengembangkan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani,” pungkasnya. (wan)