Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Evaluasi Pelatihan dan Uji Coba Penggunaan Fish Finder dan GPS

Pemkab Evaluasi Pelatihan dan Uji Coba Penggunaan Fish Finder dan GPS

Reporter : Hendra Trisianto
TONGAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perikanan (Diskan) melakukan evaluasi pelatihan dan uji coba penggunaan fish finder dan GPS di kediaman Paing, nelayan asal Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas, Kamis (25/7/2019).

Evaluasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan dan uji coba penggunaan fish finder dan GPS yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Diskan Kabupaten Probolinggo pada bulan Maret 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh 30 orang nelayan Desa Curah Dringu Kecamatan Tongas ini dihadiri oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap Diskan Hari Pur Sulistiono, Kepala Bidang Perikanan Budidaya Wahid Noor Azis, Kasi Perberdayaan Nelayan Diskan Heny Wulandari, penyuluh perikanan, perwakilan desa dan nelayan.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Hari Pur Sulistiono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana manfaat pelatihan dan uji coba penggunaan fish finder dan GPS yang sudah dilaksanakan.

“Dari hasil uji coba, penggunaan fish finder dan GPS ini sangat membantu nelayan dalam menangkap ikan. Pada uji coba di daerah Gili Ketapang kita mendapatkan banyak ikan,” katanya.

Menurut Ipung, panggilan akrab Hari Pur Sulistiono penggunaan fish finder dan GPS merupakan teknologi yang dapat membantu nelayan dalam memaksimalkan ikan. Selama ini sebagian besar nelayan Kabupaten Probolinggo masih menangkap ikan secara tradisional tanpa bantuan teknologi.

“Kondisi ini tidak menguntungkan nelayan karena terkadang nelayan pulang dengan tangan hampa bahkan rugi untuk biaya yang digunakan untuk melaut lebih besar daripada hasil tangkapan,” jelasnya.

Ipung menambahkan untuk membantu nelayan dalam memaksimalkan hasil tangkapan maka perlu bantuan teknologi. Dengan finder nelayan bisa mengetahui keberadaan ikan, topografi bawah laut dan kedalaman laut.

“Sedangkan GPS sangat bermanfaat untuk nelayan untuk mengetahui posisi saat di laut, menentukan rute perjalanan serta menandai tempat-tempat penting seperti tempat banyak ikan, tempat kapal karam, tempat yang dangkal dan sebagainya,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal