Sunday, December 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Berikan Sosialisasi Perkoperasian

Pemkab Berikan Sosialisasi Perkoperasian

Reporter : Hendra Trisianto
GADING – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro memberikan sosialisasi perkoperasian di aula Water Sport Kampoeng Hati Desa Gading Wetan Kecamatan Gading, Kamis (15/8/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh 25 orang peserta dari unsur masyarakat, khususnya generasi muda dari Desa Gading Wetan Kecamatan Gading ini dilakukan dalam rangka membudayakan koperasi bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo serta meningkatkan pemahaman tentang koperasi sebagaimana peraturan-peraturan tentang perkoperasian.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meluruskan kembali tentang pemahaman koperasi sesuai dengan peraturan perkoperasian yang berlaku dan menanamkan jatidiri koperasi bagi generasi muda sebagai kader masa depan,” ujar Kasi Penyuluhan dan SDM Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Josef Teguh Sulaksono.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto melalui Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Siti Khoiriyah menyampaikan masyarakat, khususnya generasi muda harus mengetahui koperasi adalah lembaga ekonomi yang tertulis dalam Pembukaan Undang-undang (UUD) Tahun 1945 yang berbunyi koperasi sesungguhnya adalah sebuah sistem ekonomi modern untuk menciptakan keadilan dan pemerataan kesejahteraan.

“Dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 disebutkan koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan,” katanya.

Menurut Siti, untuk mewujudkan koperasi yang tangguh dan mandiri diperlukan pemahanan yang kuat dari masyarakat, khususnya generasi muda. “Keberhasilan koperasi tidak hanya dari besarnya modal saja, namun lebih pada partisipasi anggota dalam berkoperasi sebagaimana komitmen koperasi dari, oleh dan untuk anggota,” jelasnya.

Siti mengharapkan melalui kegiatan ini dapat memajukan kesejahteraan masyarakat dalam wadah ekonomi berbentuk koperasi khususnya di kalangan generasi muda, menumbuhkan dan mencetak kader-kader pemimpin di tingkat desa berbasis koperasi. Sebagimana jatidiri koperasi, koperasi didirikan dan melakukan kegiatannya berdasarkan kejujuran, keterbukaan, tanggung jawab sosial dan peduli terhadap orang lain.

“Generasi muda sebagai harapan masa depan dengan inovasi dan kreasinya diharapkan dapat bergabung dalam koperasi serta bersama-sama membangun ekonomi desa dan berpartisipasi aktif dalam upaya pemberdayaan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Sedangkan Kepala Desa Gading Wetan Supriyono menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pemerintah Daerah untuk memberikan pemahaman tentang perkoperasian kepada para pemuda yang ada di desanya. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi para pemuda yang ada di Desa Gading Wetan Kecamatan Gading,” katanya. (dra)

cww trust seal