Monday, July 13, 2020
Depan > Pemerintahan > Pemkab Berikan Penyuluhan Hukum Terpadu

Pemkab Berikan Penyuluhan Hukum Terpadu

Reporter : Syamsul Akbar
PAJARAKAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Hukum memberikan penyuluhan hukum terpadu di aula MAN 2 Probolinggo di Desa Karanggeger Kecamatan Pajarakan, Kamis (5/3/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Asrama Siswa Terpadu MAN 2 Probolinggo dan diikuti oleh 50 orang peserta ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo didampingi Kabag Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Santoso.

Selama kegiatan, para siswa dan siswi MAN 2 Probolinggo mendapatkan materi bahaya penyalahgunaan narkoba dari Satreskoba Polres Probolinggo, jenis dan produk hukum di Indonesia dari Bagian Hukum Setda Kabupaten Probolinggo, pendidikan karakter dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo, bahaya HIV/Aids dari Komisi Perlindungan Aids (KPA) Kabupaten Probolinggo serta pemenuhan hak-hak dan perlindungan terhadap anak dari Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo.

Waka Kesiswaan MAN 2 Probolinggo Muhammad Sugianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Probolinggo atas kepercayaan yang diberikan untuk memberikan penyuluhan hukum terpadu kepada siswa siswi MAN 2 Probolinggo.

“Siswa dan siswi kami siap menerima materi hukum terpadu Kabupaten Probolinggo. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada semua peserta didik yang ada di MAN 2 Probolinggo,” harapnya.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo menyampaikan secara umum penyuluhan hukum terpadu ini bisa dijadikan sebagai momentum untuk sama-sama belajar.

“Jadi jangan pernah membayangkan kami yang di depan ini tahu segalanya. Kami juga sama-sama masih belajar. Silahkan bisa bertanya tentang regulasi dan yang diperlukan untuk menambah wawasan pengetahuan adik-adik semua,” katanya.

Menurut Tutug, secara filosofi hukum itu adalah sebuah aturan. Dengan demikian, penyuluhan hukum berarti sebuah penyuluhan aturan-aturan yang ada. Aturan ini dibuat supaya sesama manusia tidak ada yang melanggar hak dan kewajiban masing-masing.

“Hidup kita oleh Negara diatur supaya bisa hidup rukun, damai dan produktif sehingga menjadi manusia-manusia Indonesia yang berkarakter. Kami menyampaikan informasi dan silahkan adik-adik bertanya. Selamat mengikuti penyuluhan hukum terpadu dan semoga bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.

Kabag Hukum Setda Kabupaten Probolinggo Santoso mengungkapkan penyuluhan hukum terpadu ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada para remaja yang ada di Kabupaten Probolinggo agar memahami aturan hukum yang ada dan tidak mengarah kepada kenakalan remaja.

“Setidaknya dengan kegiatan semacam ini bisa meminimalisir kenakalan remaja baik itu yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba, minuman keras maupun pernikahan dini. Dengan demikian mereka bisa mematuhi aturan hukum yang berlaku, karena setiap aturan hukum itu ada sanksinya yang cukup tegas,” pungkasnya. (wan)

cww trust seal