Monday, November 23, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Berikan Pelayanan Jemput Bola Dokumen Kependudukan

Pemkab Berikan Pelayanan Jemput Bola Dokumen Kependudukan

Reporter : Syamsul Akbar
KURIPAN – Sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) memberikan pelayanan jemput bola dokumen kependudukan di Desa Wringinanom Kecamatan Kuripan, Kamis (8/8/2019).

Pelayanan jemput bola ini dilakukan untuk mendukung kegiatan bhakti sosial yang digelar oleh Pemkab Probolinggo dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan ini melibatkan beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah) maupun instansi lain. Salah satunya Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo.

Dalam pelayanan dokumen kependudukan di Desa Wringinanom Kecamatan Kuripan ini, Dispendukcapil mampu memberikan pelayanan berupa KK (Kartu Keluarga) sebanyak 12, KIA (Kartu Identitas Anak) sebanyak 57, KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebanyak 15 dan Akte Kelahiran sebanyak 9.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Slamet Riadi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Anto Pursijanto mengatakan pelayanan jemput bola dokumen kependudukan ini bertujuan supaya masyarakat bisa tertib administrasi, terutama dalam hal dokumen kependudukan.

“Selain itu, pelayanan dokumen kependudukan ini diberikan untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Anto, pelayanan jemput bola dokumen kependudukan ini dilakukan dalam rangka untuk mewujudkan tertib administrasi dokumen kependudukan, sehingga masyarakat bisa memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan benar. Meliputi, KK, KTP el, Akte Kelahiran, KIA dan lain sebagainya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat memiliki dokumen kependudukan yang benar sehingga ke depan masyarakat yang mau mengurus sesuatu di perbankan dan lain sebagainya tidak terjadi permasalahan,” harapnya.

Sebelumnya kegiatan serupa juga dilaksanakan di Rest Area Tongas, Sabtu (3/8/2019). Dalam kegiatan ini Dispendukcapil bisa memberikan pelayanan berupa KK sebanyak 20, KIA sebanyak 59, KTP sebanyak 52, Suket sebanyak 26, perekaman sebanyak 5 dan Akte Kelahiran sebanyak 10. (wan)

cww trust seal