Tuesday, March 19, 2019
Depan > Pemerintahan > Pemkab Berikan Bantuan Bahan Pangan

Pemkab Berikan Bantuan Bahan Pangan

Reporter : Syamsul Akbar
TIRIS – Sebagai upaya pembinaan lingkungan sosial, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) memberikan bantuan bahan pangan kepada 113 warga Desa Tiris Kecamatan Tiris, Kamis (2/8/2018).

Penyerahan bantuan yang dipusatkan di Balai Desa Tiris Kecamatan Tiris ini terbagi dalam 2 (dua) bantuan. Yakni, bantuan bahan pangan berbasis B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) (sayur, buah, telur, kacang hijau dan kentang) dan bantuan bahan pangan bagi usaha pengolahan pangan lokal (tepung terigu, tepung jagung dan gula).

Dalam pembagian bahan pangan ini, setiap warga masyarakat mendapatkan 2 (dua) paket bantuan. Yakni bantuan bahan pangan berbasis B2SA dan bantuan bahan pangan bagi pengolahan pangan lokal. Alokasi anggaran dari bantuan bahan pangan ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2018.

Kegiatan ini dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKPP Kabupaten Probolinggo Nanang Setyodjatmiko didampingi Kasi Konsumsi dan Keamanan Pangan Anna Ratnawati, perwakilan Kecamatan Tiris serta Kepala Desa Tiris beserta segenap perangkat Desa Tiris Kecamatan Tiris.

Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari mengatakan pemberian bantuan bahan pangan ini merupakan salah satu upaya dalam mengentaskan kemiskinan dan mencegah stunting.

“Kriteria penerima bantuan bahan pangan ini diantaranya wanita usia produktif, pekerjaannya adalah petani serta ibu rumah tangga yang berasal dari keluarga miskin, ” katanya.

Menurut Hasyim, bantuan bahan pangan berbasis B2SA ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman. Tujuannya untuk meningkatkan kecukupan gizi masyarakat.

“Selama ini pola konsumsi pangan masyarakat rata-rata masih belum seimbang, ditandai dengan tingginya konsumsi beras (karbo) serta kurang mengkonsumsi buah, sayuran dan sumber protein,” jelasnya.

Terkait dengan bantuan bahan pangan bagi usaha pengoalahn pangan lokal, Hasyim menyampaikan bahwa tujuannya untuk mendukung program pengentasan kemiskinan dan mencegah stunting serta memberikan stimulan bagi masyarakat miskin untuk berusaha dan merangsang untuk membuat pangan olahan yang berbasis pangan lokal.

“Melalui pemberian bantuan ini kami berharap mampu mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Probolinggo. Disamping mampu memenuhi kebutuhan gizi dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat miskin,” harapnya.

Selain di Desa Tiris Kecamatan Tiris, kegiatan ini juga akan dilaksanakan di Desa Andungbiru dan Pedagangan Kecamatan Tiris serta Desa Seneng, Krobungan dan Betek Kecamatan Krucil. Sekaligus beberapa desa yang ada di Kecamatan Maron. (wan)