Sunday, October 25, 2020
Depan > Kemasyarakatan > Pembukaan Pelayanan Puskesmas Maron Tunggu Hasil Swab Keluar Semua

Pembukaan Pelayanan Puskesmas Maron Tunggu Hasil Swab Keluar Semua

Reporter : Hendra Trisianto
MARON – Pembukaan pelayanan operasional di Puskesmas Maron rencananya akan dilakukan pada Senin tanggal 24 Agustus 2020. Sambil menunggu hasil pemeriksaan swab yang masih belum keluar semuanya.

“Dari total 60 orang tenaga kesehatan, yang sudah dinyatakan negatif sebanyak 15 orang. Sementara sisanya masih belum turun hasilnya. Kalau semua hasil swabnya keluar, baru pelayanan operasional Puskesmas Maron akan dibuka kembali,” kata Juru Bicara Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono.

Menurut Shodiq, penutupan Puskesmas Maron sendiri dilakukan untuk proses pemeriksaan swab secara serentak terhadap seluruh tenaga kesehatan. Sekaligus dilakukan sterilisasi dan disinfeksi terhadap seluruh ruangan yang ada di Puskesmas Maron.

“Selama penutupan pelayanan dilakukan, untuk sementara masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan dialihkan ke beberapa puskesmas sekitar. Seperti Puskesmas Suko, Puskesmas Klenang Kidul, Puskesmas Condong dan Puskesmas Gending. Silahkan masyarakat bisa mendatangi beberapa puskesmas-puskesmas terdekat,” jelasnya.

Lebih lanjut Shodiq menegaskan pihaknya ingin memastikan saat nanti pelayanan operasional Puskesmas Maron dibuka kembali, status kesehatan dari seluruh tenaga kesehatan benar-benar sehat dan terbebas dari virus Corona. “Sebab saat ini bertambahnya kasus COVID-19 di Kabupaten Probolinggo banyak terjadi karena kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebelumnya,” tegasnya.

Shodiq menambahkan nanti setelah dibukanya kembali pelayanan operasional di Puskesmas Maron, pihaknya meminta seluruh tenaga kesehatan untuk tertib dan disiplin untuk melindungi diri dengan menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) yang bagus.

“Tentu ini untuk menjaga kemungkinan-kemungkinan terjadinya resiko penularan. Mohon kepada seluruh tenaga kesehatan maupun masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal