Friday, November 15, 2019
Depan > Kemasyarakatan > Pemkab Gelar Pembukaan Bimbingan Manasik Haji

Pemkab Gelar Pembukaan Bimbingan Manasik Haji

Reporter : Mujiono
PROBOLINGGO – Untuk memberikan bekal pengetahuan dalam pelaksanaan ibadah haji ke tanah suci Mekah dan Madinah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Pembukaan Bimbingan Manasik Haji bagi para Calon Jama’ah Haji (CJH) Kabupaten Probolinggo, Sabtu (4/5/2019) di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Manasik haji ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya Pemkab Probolinggo bekerja sama dengan Kemenag (Kementerian Agama) Kabupaten Probolinggo dalam membantu kepentingan jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah dan Madinah. Dimana tahun 2019 ini jumlah CJH Kabupaten Probolinggo sebanyak 926 CJH.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si, Kepala kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso dan Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Probolinggo Didik Abdul Rohim.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo H. Santoso mengatakan bahwa di musim haji tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi di Kabupaten Probolinggo nantinya akan memberangkatkan jama’ah calon haji yang berasal dari 3 (tiga) tahapan pelunasan. Untuk tahap I jumlah kuota sebanyak 926 CJH.

“CJH lunas sebanyak 833 CJH (234 istitha’ah dan 606 istitha’ah dengan pendampingan), yang tertunda sebanyak 74 CJH, tidak istitha’ah sebanyak 3 (tiga) CJH dan meninggal dunia sebanyak 16 CJH. Untuk tahap 2 sebanyak 94 CJH (dalam proses pelunasan tanggal 30 April hingga 10 Mei 2019). Sedangkan tahap 3 dengan kuota tambahan (belum ditetapkan),” katanya.

Sementara anggota Komisi VIII DPR RI Drs. H. Hasan Aminuddin M.Si menyatakan Calon Jamaah Haji yang akan menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah dan Madinah ini merupakan panggilan Allah SWT. “Manfaatkan dengan baik kesempatan para CJH untuk benar-benar beribadah kepada Allah SWT,” katanya.

Menurut Hasan, mulai saat bulan puasa Ramadhan 1440 Hijriyah inilah CJH harus melatih dirinya supaya tepat waktu dan istiqomah dalam beribadah serta berbanyaklah shodaqoh. “Perbanyaklah menabung untuk beribadah haji dari pada membeli kendaraan yang mewah. Allah SWT akan memberikan dan mengembalikan hartanya dengan berlipat ganda apabila harta tersebut dimanfaatkan untuk kebutuhan ibadah haji dan ikhlas bershodaqoh,” pungkasnya. (y0n)

cww trust seal