Monday, November 18, 2019
Depan > Kesehatan > Pemanfaatan Gedung Posyandu Sehati Diresmikan

Pemanfaatan Gedung Posyandu Sehati Diresmikan

Reporter : Hendra Trisianto
PAKUNIRAN – Kini warga masyarakat Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran telah memiliki gedung posyandu. Bangunan seluas 7 x 12 meter yang kemudian diberi nama “Gedung Posyandu Sehati” itu diresmikan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo M.Sidik Widjanarko, Selasa (26/3/2019) pagi.

Acara peresmian itu dihadiri juga oleh Kepala Bappeda Tutug Edi Utomo, Kepala Dinas Kesehatan dr. Anang Budi Yoelijanto, Kepala DPPKB dr. Shodiq Tjahjono, Forkopimka Pakuniran dan segenap elemen masyarakat Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran.

Gedung baru tersebut merupakan buah sinergitas Pemerintah Desa Sogaan bersama CSR PT Indomarco Prismatama Cabang Jember yang merupakan bagian dari program CSR Indomaret Peduli dan Berbagi di Hari Aksi Peduli Gizi 2019. Kedepan keberadaan gedung ini diharapkan sebagai salah satu pendukung kemajuan desa khususnya bidang kesehatan.

Peresmian dan penyerahan Gedung Posyandu Sehati ini ditandai dengan pemotongan untaian bunga melati dan dilanjutkan dengan penandatanganan plakat oleh kedua belah pihak yakni M. Sidik Widjanarko mewakili Bupati Probolinggo dan Deputi Branch Manager Agustinus Antiya Aruna mewakili Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Jember.

Dalam sambutannya M. Sidik Widjanarko mengapresiasi kepedulian PT Indomarco Prismatama atas kemajuan bidang kesehatan di Kabupaten Probolinggo. Dimana hal ini senada dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam upaya menghadirkan generasi emas Indonesia di tengah permasalahan stunting, angka kematian ibu dan bayi yang masih mengancam.

“Kami berharap gedung ini sedapatnya dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan terpadu bidang kesehatan, pendidikan dan pembinaan keluarga dan balita. Melalui peningkatan pendidikan masyarakat, tentu nantinya akan diikuti oleh peningkatan kualitas hidup masyarakat. Hal ini sesuai dengan sasaran RPJMD Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Senada pula dengan apa yang disampaikan Agustinus. Menurutnya, tujuan dari program CSR Indomaret Peduli dan Berbagi melalui pembangunan gedung Posyandu Sehati itu adalah untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. “Ini juga sebagai bentuk nyata kepedulian Indomaret kepada masyarakat atau konsumen setia,” katanya.

Agustinus menambahkan, dalam program CSR Indomaret Peduli dan Berbagi itu, selain pembangunan gedung Posyandu, ada sejumlah kegiatan lainnya. Diantaranya, renovasi gedung sekolah, pemberian beasiswa dan kegiatan lainnya. “Program CSR nya kita sinergikan dengan pemerintah daerah masing-masing, jadi kegiatannya tidak sama,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sogaan Kusmo mengaku sangat bersyukur atas pembangunan dan peresmian gedung Posyandu Sehati itu. Menurutnya, pembangunan gedung itu untuk mendukung kemajuan desa, utamanya dalam bidang kesehatan. “Terima kasih kepada seluruh jajaran PT Indomarco Prismatama, gedung Posyandu ini merupakan support dan motivasi tersendiri bagi kami untuk segera keluar dari permasalahan kami yakni permasalahan stunting,” ungkapnya.

Kusmo mengemukakan, data stunting Desa Sogaan saat ini berada dikisaran angka 57. Oleh karena itu pihaknya yakin dengan adanya gedung tersebut akan memaksimalkan kader dan petugas pendamping dalam pelaksanaan program dan kegiatan posyandu dan pendidikan keluarga.

“Kami telah berkomitmen untuk menekan angka stunting di desa kami. Mohon doa restu pada tahun 2020 nanti kami targetkan kasus stunting akan berkurang 20 kasus dan tahun 2021 saat tahun terakhir jabatan, saya tergetkan Desa Sogaan bebas stunting,” pungkasnya. (dra)

cww trust seal