Wednesday, August 12, 2020
Depan > Kesehatan > Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Rilis 16 Positif, 39 PDP dan 360 ODP

Pelaksana Gugus Tugas PP COVID-19 Rilis 16 Positif, 39 PDP dan 360 ODP

Reporter : Syamsul Akbar
KRAKSAAN – Hingga Jum’at (24/4/2020) malam, Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo merilis perkembangan kasus Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo mencapai 16 orang pasien positif COVID-19, 39 orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan 360 orang ODP (Orang Dalam Pemantauan).

“Saat ini di Kabupaten Probolinggo posisinya untuk pasien positif COVID-19 tetap sebanyak 16 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Tongas sebanyak 4 orang, Kecamatan Gading sebanyak 2 orang, Kecamatan Paiton sebanyak 8 orang, Kecamatan Pakuniran sebanyak 1 orang dan Kecamatan Kraksaan sebanyak 1 orang,” kata Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto.

Selanjutnya, PDP sebanyak 39 orang atau ada tambahan 1 orang dari sebelumnya yang mencapai 38 orang dengan keterangan 17 orang dalam pengawasan, 12 orang selesai diawasi dan 10 orang meninggal dunia.

“Satu orang PDP baru ini berasal dari Desa Randumerak Kecamatan Paiton. Yang bersangkutan ini menderita sesak dan beberapa penyakit yang mendasari. Yang jelas dia tidak ada riwayat perjalanan. Sementara ini sudah dirawat di rumah sakit untuk diobati keluhannya sambil menunggu waktu untuk dirapid dan swab,” jelasnya.

Anang juga mencatat bahwa sehari sebelumnya juga ada satu orang PDP yang meninggal dunia. PDP ini berasal dari Desa Mentor Kecamatan Sumberasih. “Yang bersangkutan meninggal dunia karena penyakit paru-paru atau TBC yang sudah lama dideritanya. Untuk rapidnya hasilnya negatif dan dimakamkan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19,” terangnya.

Untuk PDP lain yang masih menjalani perawatan di ruamh sakit saat ini kondisinya sudah mulai membaik sambil menunggu hasil swab yang masih antri di Surabaya. “Harapan kita bersama hasilnya negatif dan bisa segera sembuh,” tegasnya.

Serta, ODP sebanyak 360 orang atau bertambah 4 orang dari sehari sebelumnya yang mencapai 356 orang dengan keterangan 215 orang dalam pemantauan, 143 orang selesai dipantau dan 2 orang meninggal dunia. (wan)

cww trust seal