Tuesday, July 16, 2019
Depan > Pendidikan > Pekan Cipta Seni, Seni Lukis Juara 3 dan Qosidah Juara Harapan 2

Pekan Cipta Seni, Seni Lukis Juara 3 dan Qosidah Juara Harapan 2

Reporter : Hendra Trisianto
KRAKSAAN
– Sebanyak 85 anak didik tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Probolinggo dikirim ke Kota Malang sebagai kontingen perwakilan Kabupaten Probolinggo dalam event dua tahunan “Pekan Cipta Seni (Pekan Seni Pelajar) tahun 2019”, Kamis (25/04/2019) tingkat Provinsi Jawa Timur.

Pada event tersebut para kontingen pada kelompok usia 7-12 tahun ini berlaga pada delapan perlombaan cabang seni antara lain seni musik qosidah, seni patung, seni lukis, teater tradisi, seni tari, seni musik tradisi, seni paduan suara, seni cipta dan baca puisi dan parade seni yang bentuknya seni pertunjukan.

Pada even yang diinisiasi oleh Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Provinsi Jawa Timur ini Kabupaten Probolinggo melalui perwakilan Seni Lukis SD Muhammadiyah Pendil berhasil keluar sebagai juara ke-3 dan tim Seni Musik Qosidah yang merupakan gabungan dari SDN Lumbang 1 dan 2 mendapatkan juara harapan 2 pada ajang seni bergengsi tingkat Provinsi Jawa Timur ini.

Bebun Handaka, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD pada Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo mengemukakan, karena Pekan Cipta Seni adalah event dua tahunan maka Kabupaten Probolinggo melalui Dispendik sudah melaksanakan persiapan setahun sebelumnya pada tahun genap dengan mengadakan seleksi pada 8 (delapan) cabang seni tersebut.

“Jadi kami telah mempunyai jagoan pada masing-masing cabang seni tersebut jauh hari sebelum pelaksana even ini. Artinya ada perhatian khusus dari Pemkab Probolinggo terhadap prestasi bidang seni pada kalangan pelajar di tingkat regional,” jelas Bebun Handoko.

Lebih lanjut Bebun menuturkan, persiapan sebenarnya sudah cukup. Oleh karena itu sebelumnya pihaknya berharap akan mampu meraih lebih banyak prestasi pada even cipta seni pelajar ini. Dimana pada even yang sama di Kediri dua tahun yang lalu Kabupaten Probolinggo mendapatkan juara harapan 1 pada seni patung dan seni Qosidah.

“Kami harap ke depannya ada dukungan yang lebih besar dari semua pihak pada event selanjutnya agar mendapatkan raihan yang lebih besar khususnya pada setiap cabang seni,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Probolinggo (Dekapro) Edi Kisworo saat dikonfirmasi mengaku bangga atas prestasi dan perjuangan generasi muda Kabupaten Probolinggo dalam bidang seni ini. Menurutnya mereka semua yang turut ambil bagian merupakan embrio-embrio seni Kabupaten Probolinggo yang berkualitas.

“InsyaAllah kami akan support ke depannya untuk persiapan Pekan Seni Pelajar berikutnya. Ikut andil pada event seni seperti ini merupakan sebagai media pendidikan karakter bangsa. Selain dapat melestarikan budaya juga bisa mengasah kreativitas generasi penerus kita,” pungkasnya. (dra)