Wednesday, August 21, 2019
Depan > Pemerintahan > Pejabat Eselon III Sebagai Manajer

Pejabat Eselon III Sebagai Manajer

Reporter : Mujiono
DRINGU
– Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto berkesempatan mengisi pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (Diklatpim) III angkatan 7 Tahun 2019 Pola Kemitraan Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Probolinggo, Senin (6/5/2019) di Kantor Diklat Dringu Kabupaten Probolinggo.

Kegiatan Diklatpim III ini dimulai pada tanggal 4 April hingga 19 Juli Tahun 2019 mendatang. Kegiatan ini mengambil tema “Penguatan Etika dan Integritas Aparatur, Guna Mendukung Terwujudnya Aparatur yang Profesional Dalam Melaksanakan Tugas Pemerintah, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

Diklatpim III ini diikuti oleh 30 orang peserta PNS yang terdiri dari eselon III a dan III b dengan golongan IV/a sebanyak 16 orang, III/d sebanyak 12 orang dan Golongan III/c sebanyak 2 (dua) orang. Para peserta tersebut nantinya mendapatkan materi pembelajaran dari tenaga widyaiswara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Timur, Perguruan Tinggi dan pejabat Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Anung Widiarto menyatakan, pejabat eselon III itu seorang manajer dan harus banyak berinisiatif dan selalu memiliki sebuah komitmen saat menjadi seorang pemimpin.

“Terdapat 4 (empat) kompetensi dalam mencapai hasil yang maksimal dalam membangun kepemimpinan yang efektif dan akuntabel. Yakni kompetensi efektif, kompetensi persepsi, kompetensi abstrak dan kompetensi perilaku. Diharapkan peserta mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dan secara proaktif peka terhadap kondisi yang ada di masyarakat maupun kondisi di lingkungan,” katanya. (y0n)